Friday 29 November 2019

TOP 5 MAKANAN KHAS INDRAMAYU TERENAK, Dijamin Bikin Laper


Halo yorobuun…

Ngomongin soal makanan, saya ini termasuk sangat beruntung, doyan makan tapi tetap punya badan langsing :D

Saya memang suka makan tapi tidak suka ngemil jadi dari dulu untuk mencapai berat 40 kg saja susaaah banget!

Dan saya juga termasuk rewel untuk masalah makanan. Sejak saya hidup di Indramayu, saya blass gak suka dengan makanan-makanan yang dijual di daerah tempat tinggal saya. Rasanya hambar semuaaa, sampai saya berniat mau catering saja.

Tapi setelah punya dapur kece sederhana :p saya jadi rajin masak dan makanan yang saya makan sesuai dengan selera saya.

Tapiii ternyata Indramayu juga punya makanan khas yang enak-enak dan cocok di lidah saya loh…

Mau tahu apa saja?

Buat kalian yang belum begitu mengenal makanan khas Indramayu, simak deh, gak bakal nyesel dengan list rekomen dari saya ini.

1. Pedesan entok
Foto credit IG @tukangjajanid

Makanan ini menjadi makanan yang pertama kali saya sukai. Sesuai dengan namanya, pedesan artinya makanan yang pedas, dan entok yang menjadi bahan utamanya mempunyai rasa khas yang pokoknya enak deh.

Gak usah manja membayangkan bentuk entok seperti apa (karena banyak yang gasuka dengan daging entok). Entok ini dagingnya enak dan gak jauh beda dengan ayam atau bebek.

Makanan dengan bumbu kuning atau bisa juga dicampur kecap nan pedas ini jago banget menghabiskan nasi. Mantap jiwa! Hehe…

2. Rumbah semanggen
Foto credit IG @ollanadrian15 

Ndeso banget lah saya sukanya rumbah semanggen. Hehe..

Apasih rumbah semanggen itu?

Semanggen atau semanggi dalam bahasa Indonesia adalah tanaman paku air yang banyak terdapat di pematang sawah. Direbus dan dikucurin saus kacang encer atau saus dari parutan kelapa, jadilah sebuah makanan sederhana murah meriah nan mantap!

Untuk saya sendiri, saya lebih menyukai bumbu atau saus parutan kelapa daripada bumbu kacang.

Kalian bisa menemukan makanan ini di pasaran yang digelar setiap minggu di masing-masing desa. Uniknya Indramayu tuh setiap desa punya waktu pasaran sendiri-sendiri, lain kali saya coba buat tulisan tentang tradisi unik Indramayu yah, semoga :p

3. Cimplo
Foto credit IG @dilla_jellita 

Cimplo adalah makanan ringan yang muncul pada bulan bala atau bulan Safar menurut perhitungan Jawa. 

Aahh… Indramayu itu tradisinya masih sangat kentaaalll, salut banget saya!

Berupa kue bulat putih yang dibuat dari tepung beras ketan dipadu dengan saus gula merah, nikmat sekali dinikmati sambil ngeteh (orang Tegal mah juaranya ngeteh ya sodara :p)

Cimplo adalah simbol penolak bala, jadi pada bulan Safar, akan banyak keluarga yang membuat kue tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada tetangga dan saudara dekat.

Kalau di Tegal, tradisi ini sama saja dengan tradisi Rabu Wekasan/Pungkasan dimana masyarakat membuat nasi kuning lengkap dengan lauk pauk kemudian dibagi kepada tetangga.

Selama 10 tahun di Indramayu, hanya 3 makanan itu yang saya sukai sungguh!

Kemudiaaaan datanglah makanan juara yang langsung melesat menjadi makanan nomer 1 paling enak se Indramayu menurut saya, apa itu??

Jawabannya adalah SIWANG!

Apaan??

Siwang adalah singkatan dari TERASI BAWANG, eitss bukan terasinya yang jadi bahan utama melainkan bawang gorengnya.

Bawang goreng renyah dipadu dengan terasi nan sedap menjadikan makanan ini langsung membuat saya jatuh cinta.

Bawang goreng ini beda banget lah dengan bawang goreng biasa, dimakan langsung atau digado saja enak. Suwerr deh!

Makanan ini cocok untuk taburan di nasi hangat, mie, bakso, nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, segala macam makanan pokoknya cocok ditaburin siwang menurut saya, bahkan saya makan roti manis saja dicampur dengan siwang loh, beneran haha…

Kalau kata Youtuber Mark Wiens mah SIWANG itu bring the food to the next level! Hehe…

Dan produk siwang yang paling enak, paling highly recommended, paling hits adalah produk merek Nounna Saritie.

Terdapat 3 varian level yaitu original, pedas, dan extra pedas. Untuk rasanya terdapat varian udang, sontong, cucut, teri, kacang, dan mix.

Saya sendiri lebih menyukai varian pedas rasa apa saja. Karena kalau original gak pedes sama sekali, dan kalau extra pedas rasanya terlalu pedas jadi rasa siwangnya kurang nendang.

Selain siwang, produk Nounna Saritie yang saya gilai lagi adalah sambal sembleh. Apalagi itu??

Sambal sembleh adalah campuran suwiran ayam, siwang, dan cabe. Rasanya mantull, sedap, enak lah pokoknya. Dan yang terpenting adalah tidak terlalu pedas jadi cocok dengan lidah saya.

Makan sama sambel sembleh saja enak, bisa habis berpiring-piring saya hehe…

Sebenarnya masih banyak produk Nounna Saritie yang belum saya sebutkan seperti sambal cumi, macaroni, sambal garing, sambal ikan bilis, manisan mangga, sambal rujak, dan yang terbaru adalah uyah peda.

Tapi tetap siwang dan sambal sembleh adalah yang paling saya suka hi…

Kalau kalian tertarik dengan list makanan khas Indramayu saya di atas, datanglah ke Indramayu. Indramayu bukan hanya terkenal dengan hal-hal jeleknya saja (bête banget dah).

Tapi kalau kalian berada di luar Indramayu bahkan di luar negeri dan ingin mencoba produk siwang atau produk Nounna Saritie yang lain, kalian bisa order di toko saya via Shopee atau Bukalapak.

Langsung saja klik link SHOPEE TYASKYUSHOP ini atau link BUKALAPAK MISS YOO ini.

Manfaatkan program gratis ongkirnya dan selamat menikmati service bintang 5 untuk lidah kalian hii…

Untuk pembelian partai besar (cargo) kalian bisa hubungi saya via DM Instagram @atiningtyas atau Whatsapp saya. Request first (maaf) :) 

Happy tummy dijamin.

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca, tetap makan makanan sehat, buah jangan ketinggalan, jangan kebanyakan junk food, semoga kita semua sehat selalu. Aamiin…

 

4 comments:

  1. Wow,postingan anda benar benar merekomendasikan saya untuk mencoba/mencicipi makanan tersebut. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. wah artikelnya menggugah selera nih...
    bagus banget, sangat memotivasi dan menginspirasi thanks.

    ReplyDelete
  3. wah artikelnya menggugah selera nih...
    bagus banget, sangat memotivasi dan menginspirasi thanks.

    ReplyDelete
  4. Wow,postingan anda benar benar menggugah selera dan merekomendasikan saya makanan tersebut. Terimakasih

    ReplyDelete