Saturday 4 March 2017

Tips Agar Bisa Buang Air Kecil Setelah Kateter Dilepas

Tags : susah BAK, selang kateter, agar lancar BAK, susah kencing, susah buang air kecil, tips agar bisa buang air kecil

http://buymbuy.blogspot.co.id
Masih melanjutkan tulisan sebelumnya tentang operasi hemoroid, kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan memberikan sedikit tips agar bisa buang air kecil setelah lepas kateter.

Seperti kita ketahui, dua hal yang menjadi kenikmatan hakiki bagi umat manusia adalah lancar buang air kecil dan buang air besar. Jangan remehkan kedua hal tersebut karena kalau kalian mengalami kesulitan diantara keduanya, bersiaplah merasakan neraka dunia. Really, I’m serious.

Tulisan ini saya buat karena saya menemui kesulitan menemukan artikel tentang bagaimana caranya biar bisa buang air kecil setelah lepas kateter.

3 hari setelah operasi saya diharuskan memakai kateter, dokter berpesan setelah 5 hari kateter harus dilepas. Jadi selama 5 hari saya memakai kateter, otomatis tidak ada gangguan dalam buang air kecil.

Saya cerita dulu ya apa itu kateter urine.

Kateter adalah sebuah pipa panjang, ramping, dan fleksibel terbuat dari bahan yang lentur
Kateterisasi urin adalah suatu tindakan untuk memasukkan kateter ke dalam kandung kemih melalui uretra. Hal ini dilakukan hanya dalam keadaan terpaksa, karena ada risiko masuknya mikroorganisme ke dalam kandung kemih dan saluran kemih.
Oleh karena itu, digunakan teknik sterilisasi untuk meminimalkan risiko kontaminasi mikroba. (Wikipedia)

Proses pemasangan kateter untuk perempuan tidak sakit menurut saya, paling terasa kaget selama 2 detik, yang penting rileks saja. Dan aktifitas bisa dilakukan dengan normal kok, cuma memang terganggu karena sedikit mengganjal dan urine bag yang harus dibawa kemana-mana.

Pada saat pemasangan kateter itu, perawat maupun dokter tidak memberi pesan apa-apa, pun saat dokter melepas kateter tersebut, beliau tidak berpesan apa-apa kepada saya.

Ternyata 24 jam setelah kateter dilepas, saya sama sekali tidak merasakan keinginan untuk buang air kecil. Bayangkan bagaimana rasanya, perut keras, sakit di bagian bawah perut, pokoknya nikmat lah senikmat datang ke nikahan mantan haha…

Akhirnya saya dibawa ke IGD dan langsung dipasang kateter lagi.
IGD RSI PKU Muhammadiyah Kab. Tegal


Nah… pada saat pemasangan kateter yang kedua itu, saya baru diberikan tips agar bisa buang air kecil setelah kateter dilepas. Mereka menyebutnya terapi buang air kecil.

Cara ini bisa kita lakukan secara mandiri tanpa bantuan perawat maupun dokter.

Berikut caranya sodara-sodara :

  1.        pada saat urin tidak sedang mengalir (kita bisa tahu dengan melihat urine bag            atau memegang selang, jika selang terasa hangat berarti urin sedang mengalir)            lipat selang sehingga aliran urin berhenti.
  2.         Ikatlah selang yang terlipat tersebut dengan karet gelang sampai rapat.
  3.         Biarkan seperti itu sampai terasa sensasi ingin buang kecil.
  4.        Jika kita merasakan ingin buang air kecil, lepaslah karet gelang dan biarkan urin          mengalir.
  5.        Ulangi langkah diatas selama kita masih memakai kateter.

Jujur untuk langkah nomer 3 dan 4 tidak saya rasakan, yang saya rasakan adalah sakit di bagian selang dipasang (I don’t know what it’s called), mungkin bagian saluran kandung kemih (sok tau haha…)

Setiap kali terasa sakit, karet gelang saya lepas.

Tujuan dari tindakan tersebut adalah untuk merangsang syaraf-syaraf agar timbul rasa ingin buang air kecil (begitulah gampangannya) because I’m not a doctor or a nurse :p

Selain cara tadi, cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menempelkan air hangat di bagian bawah perut, nanti akan terasa geli dan urin pun mengalir.

Terbukti cara tersebut mampu bekerja untuk saya, setelah 5 hari dipasang kateter dan harus dilepas, pulang dari rumah sakit saya bisa buang air kecil, walaupuunnn masih harus ditunggu.

Semoga tulisan saya ini bisa memberikan informasi dan bermanfaat jikalau diantara kalian haruuss merasakan hal yang sama dengan saya, karena kebanyakan orang tidak tahu bahkan internet pun seolah tidak tahu juga, atau saya yang sedang kurang beruntung I don’t know.


Thanks for reading, salam sehat! 

Baca juga :
Berhasil! 10 Hari Diet
* Pengalaman Operasi Ambeien, Wasir, Hemoroid
* Manfaat Jamur Tiram

38 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Itu yang nyaranin dokter n perawat yg ngrawat saya. Coba saja, gak ada rugi n efek sampingnya jg kok.

      Delete
    2. Itu yang nyaranin dokter n perawat yg ngrawat saya. Coba saja, gak ada rugi n efek sampingnya jg kok.

      Delete
    3. Katanya harus 4 jam mana yg benar

      Delete
    4. Berarti tidak harus 4 jam ya?

      Delete
    5. Berarti tidak harus 4 jam ya?

      Delete
  3. 1minggu kemarin sy baru operasi hemoroid stadium 4, Untuk laki2 begitu keteter dilepas selama 30menit s/d 1jam bagian perut bawah harus sering di kompres air hangat bisa pakai botol atau bantal air panas dan sesekali pijat bagian penis, walaupun kelihatannya ribet tapi terbukti stiap akan BAK lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas 1 jam itu diterapi dimana? Apa di kamar mandi.

      Delete
  4. Ibu saya habis operasi kanker rahim tp setelah sudah seminggu sudah lepas kateter pipisnya belum lancar padah sudah minum air putih dengan cukup sudah hampir 6-7 jam pun tidak ada reaksi untuk pipis knp ya sebabnya .. bisa bantu jawab ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja dengan saya, kalo sebabnya kurang tau, mungkin karena organ2 nya masih males bekerja akibat bius. Coba cara yang saya ceritakan diatas semoga bisa lancar bak nya

      Delete
  5. Ibu saya habis operasi kanker rahim tp setelah sudah seminggu sudah lepas kateter pipisnya belum lancar padah sudah minum air putih dengan cukup sudah hampir 6-7 jam pun tidak ada reaksi untuk pipis knp ya sebabnya .. bisa bantu jawab ..

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat..tks

    ReplyDelete
  7. Tks tulisannya. Saya laki2 dan sedang "menikmati" dikateter. Sekarang juga dikaretin biar barasa mau kencing. Sy dikateter gr2 habis dioperasi perut sdh sakit tp g bs keluar kencingnya

    ReplyDelete
  8. Habis operasi hemoroid itu harus pake kateter gak si buat BAK nya? Ayahku kesulitan juga BAK nya tapi gak mau pasang kateter๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus mba, tapi kalau memang mengalami kesulitan BAK mending pake saja.

      Delete
  9. Makasih telah berbagi pengalaman

    ReplyDelete
  10. Saya rencana akan melakukan operasi ambeien,tapi nyali masih maju mundur. Kalo ga pake bpjs kisaran biaya brapa ya? Trs mbak atiningtyas kemarin pake metode apa? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu berapa biayanya mbak, saya pake metode laser kyknya.

      Delete
  11. Makasih infonya, sangat bermanfaat ๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

    ReplyDelete
  12. Kalo ketika masih pake kateter, trus hasrat ingin pipis terasa banget, tpi pas mau d keluarin urinnya malah ga ngalir ke bag nya, apakah itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak normal gan, harusnya kalo pake kateter itu otomatis urin keluar sendiri tanpa harus krasa pengen pipis.

      Delete
  13. Berarti kl tidak merasakan sensasi buang air kecil seperti anda,kateternya sudah boleh dilepas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak/belum merasakan sensari BAK malah nanti kalau misal dilepas dikhawatirkan masih susah BAK mbak.

      Delete
  14. Kita sama bro.. gua jg udh 9 bulan bergantung sama kateter. Sampai skrg jg masih oke.. tapi EMG rasanya tuh sakit bgt ..
    Yah semoga aja bisa lepas ketergantungan pada kateter ini

    ReplyDelete
  15. Saya pasca operasi tulang paha kiri 2 blm yg lalu dan selama 1 stgh blm saya pakai kateter Krn paha kiri tdk bisa di angkat stlh 1 stgh bln cateter di lepas Krn setiap hbs keluar urin sakitnya luar biasa stlh di lepas blm bisa merasakan klu mau BAK,bagaimana cara mengendalikan BAK spy terkontrol?

    ReplyDelete
  16. Saya habis oprasi pasang selang kenc sdh dilepas sekitar 7 bulan kencing blm lanacar sampe skarang.. bibawah udel jg dipasang waktu itu sekrang jg blm pulih msh keluar air kencing terus gimana caranya untuk biar lancar pipis sama biar cpt nutup bolong bks selang dibawah udel biar gakkeluar pipisnya trims minta solusinyya

    ReplyDelete
  17. Permisi mau tanya mbak, selama pemakaian kateter itu apa ada perawatan khusus yg mbaknya lakuin untuk menjaga kesterilan kateternya itu?

    ReplyDelete
  18. Permisi mau tanya mbak, selama pemakaian kateter itu apa ada perawatan khusus yg mbaknya lakuin untuk menjaga kesterilan kateternya itu?

    ReplyDelete
  19. Permisi mau tanya mbak, selama pemakaian kateter itu apa ada perawatan khusus yg mbaknya lakuin untuk menjaga kesterilan kateternya itu?

    ReplyDelete
  20. Ya penjelasan Tips diatas memang sesuai dengan pengalaman ane kemarin saat di RS, persis sama si mbak perawatnya menerangkan. malah pake karet bekas masker. Cuma sesaat setelah dilepas BAK nya berantakan tidak mancur searah....karena ujung penis masih keriting. Nah setelah beberapa hari pulang di rumah saya tdk bisa mengontrol keinginan berkemih (untung tidak ngompol), tapi sudah hampir 20 hari ini arah air seninya sudah terarah tidak berantakan tapi air seninya tidak lancar joss. Ada yang bisa bantu pencerahan????

    ReplyDelete