Friday 3 March 2017

PENGALAMAN OPERASI AMBEIEN, WASIR, HEMOROID

PENGALAMAN OPERASI AMBEIEN, WASIR, HEMOROID


Kali ini saya akan berbagi pengalaman yang mungkin berguna bagi kalian yang membutuhkan suatu informasi kesehatan.

Well, setelah tenggelam dalam dunia per-drama Korea-an sekian lama, saya tergerak untuk menuliskan sesuatu lagi. Saya harap tulisan saya kali ini bermanfaat untuk kalian semua.

Lets go!

Hampir semua orang yang mengenal saya mungkin telah mengetahui bahwa saya punya penyakit yang sedikit “memalukan” hehe..., sudah lamaaaa sekali sakit itu mengiringi hidup saya.

Yap saya punya sakit ambeien atau wasir a.k.a hemoroid.
Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala.
Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang hemoroid, kalian bisa baca sendiri di sini 



Termasuk sakit ringan tapi kalau sedang kambuh, rasanya sangat mengganggu. Bergerak sedikit sakit, duduk sakit, ke kamar mandi parno (soalnya sakit buat jongkok). Bahkan saya pernah bedrest total berhari-hari gara-gara hemoroid saya kambuh.

Daaaann setelah bertahun-tahun hanya meminum obat dan jamu dan tidak membaik, akhirnya dokter memutuskan untuk mengoperasi hemoroid saya karena sudah stadium 4.
Saya masuk rumah sakit malam Rabu tanggal 7 Februari 2017, waktu itu saya dirawat di RSI PKU Muhammadiyah Kab. Tegal. Perawat langsung meminta saya untuk puasa makan, saya hanya boleh minum saja.

Ternyata pas visit dokter, HB saya rendah jadi harus melakukan transfusi sebanyak 3 kantong darah. Otomatis jadwal operasi saya diundur dan puasa dibatalkan, saya diharuskan makan makanan yang mengandung banyak zat besi.

Setelah selesai transfusi, akhirnya pada hari Sabtu saya dioperasi. Tidak ada kekhawatiran sedikitpun saat masuk ruang operasi, bahkan saya ingin mendengarkan musik saat operasi berlangsung karena jujur bete sekali menunggu operasi selesai.

Bete dan rasanya dingiiiiin sekali sampai saya menggigil selama operasi.

Operasi selesai, saya masuk ruang pemulihan, saya tidak tahu apakah karena efek bius atau apa, saya menggigil berkali-kali saat itu. Tapi perawat juga tidak memberi saya selimut.

Setelah kurang lebih 3 jam di ruang pemulihan akhirnya saya dibawa ke kamar tempat saya dirawat.

Operasi jam 8.30, efek bius hilang sekitar pukul 5 sore. Saya sadar bahwa saat itu telah dimulai masa neraka untuk pasien operasi hemoroid.

Rasanya WOW sekali lah, panas, nyeri dahsyat, senut-senut, bercampur jadi satu. Menangis lah saya, tapi tidak sampai teriak-teriak sih...

Saya panggil perawat menanyakan kenapa sakit sekali, karena sebelumnya dokter telah meyakinkan saya bahwa nanti ada obat anti nyeri yang bisa menghilangkan rasa sakit.
Akhirnya setelah kurang lebih 3 jam kesakitan, saya disuntik obat anti nyeri tersebut. Bisa tidurlah saya.

Gangguan pasca operasi bagi sebagian besar orang sepertinya adalah masalah pembuangan, perut yang ngondok-ngondok (penuh, kembung, dll) memang saya alami, kebetulan saya mengalami susah buang air kecil.

Hampir setengah jam sekali saya ke kamar mandi untuk pipis tapi itu juga harus ditekan perutnya sehingga bisa keluar. Well, itu sangat menganggu.

Alhamdulillah keesokan harinya saya langsung bisa BAB!! Itu amazingggg, karena bapak saya sampai 15 hari pasca operasi hemoroid belum bisa BAB dan harus 3 kali masuk rumah sakit dimana harus kesakitan terus selama itu.

Akhirnya dokter memutuskan harus dipasang kateter. Hari Selasa saya minta ijin untuk pulang karena rasa sakit minimal, saya bisa BAB, dan sudah dipasang kateter.
Saya pulang dari rumah sakit hari Rabu.

Dirumah saya merasa sehat, tidak ada masalah berarti. Tapiii memasuki hari kelima saya dirumah, saya mulai kesulitan BAB.

Hari Senin saya kontrol ke dokter dan kateter dilepas, saya kira semua bakal baik-baik saja, ternyata neraka dunia dimulai saat itu.

Kateter dilepas, saya tidak bisa BAK sama sekali, susah sekali untuk BAB. Besoknya hari Selasa saya merasakan kesakitan luar biasa, minum pencahar tidak ngefek sama sekali, memasukkan pencahar cair (Microlax) tidak ngefek sama sekali, tidak pipis sama sekali.

Tuhaan.. Eottoke???

Maghrib saya sudah menangis terus karena sakit yang luar biasa, akhirnya saya dibawa ke rumah sakit lagi. Masuk IGD dan langsung dipasang kateter lagi, pertama kali dipasang rasanya saaakiiit sekali, tapi lama-lama semakin berkurang sakitnya. Dan dokter membolehkan saya pulang.

Hari Rabu nya saya masih belum bisa BAB, rasa sakit yang terasa setiap kali timbul keinginan BAB sangat-sangat menyiksa, perut mulas luar biasa ditambah bekas operasi yang terasa seperti ditarik kekuatan yang sangat besar, nyeriii harus saya rasakan.

Ditambah lagi dengan keluarnya feses yang cuma sedikit-sedikit itu sangat merepotkan. Saya bisa tidur sejam itu kalau setelah minum obat. Selebihnya tiap beberapa menit sekali harus merasakan sakit.

2 hari kesakitan akhirnya hari Jumat saya kerumah sakit lagi, kali ini saya diberi obat pencahar dengan dosis yang lebih tinggi. Dan alhamdulillahhhhh keesokan harinya saya berhasil BAB.

Hari Minggu kateter dilepas dan alhamdulillah saya bisa BAK meskipun masih harus ditunggu keluarnya.

Saya merasa sehat dan mulai berandai-andai berangkat kerja lagi, tapi ternyata muncul rasa nyeri yang sebelumnya kalah dengan rasa-rasa yang lain.

Bagian anus terasa nyeriiiii, berat sekali seperti ditarik-tarik. Tapi masih bisa saya tahan dan hal itu masih terasa sampai saya menuliskan tulisan ini yaitu hari Jumat.

Saya belum tahu kapan saya akan mulai beraktifitas normal seperti biasa, sampai hari ini hampir 1 bulan saya absen bekerja.

Saat ini yang terasa adalah nyeri, sakit setiap kali saya ngeden misal untuk batuk, bersin, loncat, mengangkat beban, dan hal-hal kecil lain yang seharusnya sangat mudah dilakukan.

Untuk teman-teman yang mengalami masalah seperti saya dan diharuskan operasi, tidak usah takut karena sekarang rasa sakit bisa diminimalisir dengan obat, adapun keluhan pasca operasi itu masing-masing orang berbeda.

Bapak saya tidak bisa BAB selama 15 hari dan harus bolak balik dirawat sampai 3 kali, pakde saya juga sama harus bolak balik dirawat sampai 3 kali, alhamdulillah saya hanya perlu dirawat 1 kali pas operasi saja, selebihnya hanya masuk IGD dan rawat jalan.

Kesiapan mental sangat diperlukan karena pasti akan ada keluhan dimana rasa sakit akan sangat menyiksa. Semua itu memang harus dilalui.

Peran keluarga juga sangat diperlukan, dimana mereka sangat berjasa pada masa pemulihan, mereka menyiapkan makanan sehat, mengingatkan macam-macam karena saya cenderung ndableg kalau urusan makanan.

Oya, saya makan hanya sedikit karena semua terasa hambar tidak ada rasa pedas sama sekali jadi berat badan saya turun jadi 38,5 kg saja 

Semoga rasa nyeri bisa segera menghilang dan saya bisa beraktifitas normal kembali.
Pengalaman ini sangat berguna bagi saya, kesehatan itu adalah kenikmatan yang sangaaat luar biasa, sakit itu sama sekali tidak enak. Sama sekali tidak enak!!

Sekian saja tulisan saya kali ini, jujur saya sama sekali tidak puas dengan tulisan saya kali ini hehe... bahasanya datar sekaleeee.. biasanya kan ngaco guyon puitis penuh makna hahaa...

Tapi sudahlah... semoga bermanfaat. Thanks for reading, lanjut di komentar jika ada pertanyaan seputar operasi hemoroid.

See youuu... salam sehat!

Dikarenakan komentar sudah terlalu banyak dan saya sulit nemuin komen mana yang belum saya jawab, langsung hubungi saya saja via DM Instagram @atiningtyas jika teman2 ingin tanya-tanya seputar operasi ambeien. Oke? Trims pengertiannya  :)


Baca juga :
PENGALAMAN MELAKUKAN TES PAP SMEAR
Tips Agar Bisa Buang Air Kecil Setelah Kateter Dilepas
Manfaat Jamur Tiram 
Berhasil! 10 Hari Diet

* THE PACKAGE : Drama Kurang Ajar!!







260 comments:

  1. Stadium 4 wow...klo stadium 4 itu ditandai seperti apa yas?

    ReplyDelete
  2. Stadium 4 itu gejalanya apa aja yas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering kumat, benjolan udah ga bisa dimasukin lagi Koh. Yang lebih tau dokter sih udah stadium berapa. Aku juga berdarah agak banyak kalo BAB, bahkan jongkok saja kadang ngucur darah.

      Delete
  3. Mba tyas.. Aku kayane ada benjolan deh. Tp malu mau cerita ke ortu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa malu? kalo masih kecil bisa sembuh kok, cek ke dokter terus makanannya harus dijaga, jangan pedes, banyak serat biar kalo BAB ga keras. Misal benjolan keluar coba dimasukkan lagi.

      Delete
  4. Get well soon bu tyas 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Ruesih, aamiin yarobbal alamin.

      Delete
  5. Sy wasir sjk 10th ll enrh stadium apa lg pokoknya smua doktr blg sy hrs oprasi. Brbagai cara sy lakukan mulai yg medis smpai yg ga msk akal wktu itu (ke dukun). Eeeh trnyt endingnya bs membaik pasca sy merubah pola hidup. Makan sayur buah yg byk, terutama bayam, alpukat, pepaya dan sy jg mnum serat tablet serta pelemas otot tiens. Yg psti, jgn mkn tll pedas, jgn tll lama duduk/naik kendaraan dan NO high heels anymore! Smg tmn2 cpt sembuh spt sy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat sekali... Sayang saya orangnya tidak telaten, makan sembarangan, jadi saya pilih operasi karena udah bosen kumat hehe.. Semoga selamanya akan baik, aamiin..

      Delete
    2. Beneran bisa sembuh tanpa operasi? Saya sangat takur sekali awalnya benjolan kecil dan kmren saya tumben memaksakan untuk mengedan trus kayak membesar anusnya tpi normal lagi trus saya takut kepikiran nanti pas saya BAB lagi takutnya anusnya kluar gamau masuk lgi , tpi kayanya normal ya kalo mau Bab itu pas mengedan itunya membesar? Tolong jawab, ini saya gabisa tidur krna kepikiran itu terus

      Delete
    3. Pengalaman km sama seperti aku

      Delete
  6. Mbak ad keluar darah warna pink kecoklatan gak?,,gak bnyak sdikit sja, soalnya sy hbis oprasi wasir sminggu yg lalu, dan keluar cairan sprti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya keluar darah cuma sedikit, mungkin bekas operasi masih belum kering mbak, gapapa kok lama2 juga gak berdarah

      Delete
  7. Sy hbis oprasi wasir sminggu yg lalu, dan ad keluar cairan brwrna pink kecoklatan, gak bnyak,,, apakah mbak jg sprti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dibalas ya mbak, maaf baru liat komennya :)

      Delete
  8. ini pengalamanku... 23 februari aku masuk IGD.dan hemoroidku sudah membesar.sebelum operasi, jam2 siang aku di beri minuman semacam obat urus2 rasanya paittt bngt.stelah 2-3 jam minum.. mulailah rasa ingin Bab.gk tau udah berapa kali aku bolak balik kekamar mandi. jam 21:00 malam waktu operasi tiba.
    pas sebelum operasi aku di suntik bius di punggung.dan rasanya...jngn tanya rasanya sakittt bngt. seketika itu perut sampai kaki rasanya mati rasa... saat operasi aku masih sadar dan berbincang dengan para dokter yg diruang operasi... jam22:02.selesai sudah operasinya.dan ini belum berakhir.. 03:00 aku terbangun karna rasa sakit yg sangat teramat... panas perih sakit jadi satu.
    ortuku memangil perawat dan si perawat menyuntikan gk tau apa.. tapi setelah stengah jam di suntik rasa sakit agak hilang...pagi jam 07:00 dokter bedahku datang.. Dia memeriksaku dan mencopot selang yg ada di maaf anusku. dan mencopot kateter di itu ku.. dan saat mencopot kateter itu rasanya wooooowww sakittttt.hari itu aku merasa pingin BAB.tapi rasanya sakit ruaarrrrrr binasa. pengen nangis.padahal keluarnya dikit secuil..sabtu pagi aku diperbolehkan pulang.. dan di beri surat untuk kontrol seminggu lagi...

    minggu pertama yg kurasakan sangat menyiksa ketika Pingin BAB dan sakit sampe keluar kringat dingin... sesudah BAB aku berendam duduk dengan pk..minggu pertama ini ada bau yg gk sedap di daerah anus dan itu berlangsung selama 1 minggu lebih... obatku antibiotik-obat peredanyeri-obat untuk lambung-obat untuk selaput(gk tau untuk selaput apa)- obat rendam duduk dan obat pencahar emulsi.

    minggu kedua rasa sakit dan nyerinya lumayan agak mendingan tpi pas bab masih sakit.. obatnya kurang lebih sama kayak minggu pertama tpi ini ada seperti salep untuk di oleskan di area (an*s)

    minggu ketiga rasa nyeri sudah hampir gak ada cuma pas BAB dan sesudah BAB rasanya masih sakit...

    minggu ke empat.aku sudah bekerja lagi(seharusnya masih kudu istirahat untuk pemulihan total) tpi gimna lgi.. keuangan sudah menipis...

    oh ia kalau habis bab bersihinya pake tisu aja. di tekan2 biar gk ngelukain si anusnya..dan saat ini pas dan habis BAB masih sakit .sekian dari saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama Kak, tapi saya ga pake berendem di cairan PK, cuma pake salep saja. Semoga gak aakan pernah kambuh lagi ya buat kita. Aamiin...
      terimakasih sudah berbagi :)

      Delete
    2. Saya operasi wasir tahun 2010, 2017 saya hamil masa masuk kehamilan bulan ke 7 wasirnya kambuh, akhirnya g bs lahiran normal krn wasirnya lagi meradang tgl 27 okt kemarin akhirnya sesar. kepikiran operasi wasir lagi tapi masih trauma lebih sakit operasi wasir di banding sesar.. Huhuhu

      Delete
  9. Barusan operasi hemoroid nih....ambeien grade 4 tp tanpa komplikasi...tanpa perdarahan...

    Gejalanya baru 4 hari, si wasir nongol tanpa permisi dan gak mau pergi meski diusir pake jari tangan....jdlah wasir ttp di pintu dubur...krn gak nyaman duduk dan dibuat aktifitas akhirnya memutuskan ke dokter.

    Hari selasa sehari sebelum pilkada dki ketemu dokter bedah di rs. Hermina.
    Trus dokter bilang harus operasi krn gak bs dimasukan lagi itu wasir. Agak shock tp dengan tekad baja pengen sembuh akhirnya memutuskan jadwal operasi hari kamis.

    Kamis pagi masuk rs untuk prosedur pembersihan usus lewat dubur. Krn dubur udah sakit ketika alatnya masuk ya tambah sakit.

    Trus mulai deh tuh mules2, bab ngocor aja.

    Jam 4 lsg masuk ruang OK (operasi), nunggu antrian bentar, akhir nya mulai dioperasi.

    Disuntik epidural lwt punggung...krn udah pernah operasi sesar ya rasanya biasa aja..abis disuntik kaki kesemutan...akhirnya kebas gak berasa...

    Mulai prosedur operasi...kaki di taruh di penahan kaki..jd posisinya seperti mau melahirkan...( maaf ) ngangkang..

    Oya...kata dokter bedah nya kemaren itu wasir bukan dipotong tp di bakar .. Dan berasa ada bau2 gosong...

    30 menit kemudian operasi selesai...ditaruh di ruang pemulihan nunggu kaki bisa gerak dulu..

    Deg2an nunggu kaki bergerak it's mean bekas operasi bakalan sakit...( kata kakak yg pernah operasi hemoroid jg )..

    4jam kemudian mulai bergerak tuh kaki..nunggu rasa sakit didubur nih...kok gak berasa sakit ya...biasa aja...jangan2 masih pengaruh bius nih...

    Sampai malam tetap santai2 aja...gak berasa sakit...cm ganjal aja rasanya...bisa tidur nyenyak..

    Paginya mulai belajar berdiri...gak sakit jg tuh dubur...trus lepas perban di dubur...ternyata yg ganjel rasanya ada lah perban...

    Dan sampai saya tulis ini sama sekali gak ada rasa sakit...

    So jangan takut menjalani operasi hemoroid ya...krn tiap org beda2 tingkat level kesakitan nya....

    Semoga bisa menjadi semangat buat yg mau operasi ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukur banget ya mbak gak ngrasain sakit. Iya tiap orang beda-beda rasanya, makanya jangan takut operasi. Menurut saya, kalopun sakit, ya memang harus begitu, ada pengorbanan jika mau sembuh. Bener gak mbak? hehe.. Thanks sudah berbagi...

      Delete
    2. Mba sy mau operasi tp rasanya takut banget... Ya ampun

      Delete
    3. Biaya operasi ambeien brp ya mbak?

      Delete
    4. 7.5 JT klas 3 RSUD.kardinah Tegal satu Minggu yg lalu sy operasi.

      Delete
  10. Hai tyas.. mau tanya metode operasi nya apakah dengan stapler atau apa ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tahu ya mbak, sepertinya hampir sama dengan komen diatas, pake bakar2 gitu karena ada bau gosong.

      Delete
  11. Boleh tahu salepnya apa? Karena saya dsuruh brendam dg larutan PK. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. salepnya racikan dari dokter gan jadi gak tahu itu salep namanya apa.

      Delete
  12. Malam mba tyas, saat ini saya mengalami wasir, skrg terasa perih dan panas yg sangat mengganggu, sebenarnya penyakit ini sdh saya alami selama 10 th, dari BAB berdarah smbil susah BAB dengan memasukin kembali tonjolan yg keluar. Perih terasa bru 2hari ini, dan sangat tersiksa, kira2 apa yg harus saya lakukan, untuk pertama kali. Kira2 operasinya ditanggung BPJS kah. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pertama kali sepertinya harus minum obat wasir yg dijual bebas di pasaran (sy biasanya bgtu), pernah beli ramuan di apotek dan langsung terasa baikan.
      Saya operasi pakai BPJS mba tp kurang tahu bisa menanggung sampai berapa, sy juga operasi di RS swasta.
      maaf baru bisa balas komen.

      Delete
  13. mba tyas rasa sakit dan nyeri nya hilang brp lama?? benang jahitan nya dilepas dokter atau lepas sendiri mba? mohon bls nya trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sekali baru balas sekarang, rasa sakit bekas operasi hilang 2 hari an kayaknya, aslinya emg gak sakit karena ada obat pereda nyeri. Tapi saya kesakitan krn tdk bisa BAB dan BAK. dan setelah bisa BAB dan BAK, ada senut2 sedikit. hilang setelah total sebulan lebih.
      Mudah2an jawaban saya membantu.

      Delete
  14. mba rasa sakit nya hilang brp lama?? lalu bagai mana dgn benang jahitan nya? hilang sendiri atau dicopot dokter??

    ReplyDelete
  15. mba rasa sakit nya hilang brp lama?? lalu bagai mana dgn benang jahitan nya? hilang sendiri atau dicopot dokter??

    ReplyDelete
  16. mba rasa sakit nya hilang brp lama?? lalu bagai mana dgn benang jahitan nya? hilang sendiri atau dicopot dokter??

    ReplyDelete
  17. 17 May lalu habis operasi.
    Metode Hal Rar dan konvensional untuk wasir luar. Sampai dg proses operasi tidak ada sakit yg bearti.
    Operasi jam 6 sore selama 1 jam pemihan 2 jam jam 21.30 masuk kamar lagi. Sdh bisa bolak balik kasur toilet.
    Masalahku dimulai ketika tidak bisa BAK, padahal sudah minum 2 liter air, sepanjang malam tidak tidur, akhirnya pagi jam 5.30 panggil suster dan di beri kateter, namun tetap tidak keluar BAK, tambah stress, jam 9 paginya suster kepala mencoba pasang kateter lagi yg warna putih dan kaku (Sebelumnya warna kuning bahan karet)
    Agak perih tapi tarik nafas jadi enteng. Sedikit mentok dan dengam dorongan yg agak keras akhirnya BAK jg melalui kateter (1.1 Liter).
    Setelah bisa keluar, kateter di cabut kembali dan di suruh minum banyak untuk melihat fungsi BAK sdh baik.
    BAK pertama agak perih namun lega, BAK selanjutnya bertambah nyaman dan keluhan selesai.
    Tinggal BAB yg belum pdhl besok hrs plng. Hari ke2 BAB tetap tidak keluar dan harus keluar RS jam 3 sore.
    Sampe rumah jam 4 dan langsung BAB, perih dan pedih level 3. Namun tidak sampe keringat dingin langsung minum penahan nyeri 1x sehari.
    Minum juga Laxtulac sebagai pencahar 3x sehari sehingga BAB seperti bubur.
    22 May kontrol dokter, dokter bilang penahan nyeri tidak perlu di minum kalau nyerinya masih bisa di tahan. Hari ini hari keenam pencahar 1x minum biar tidak terlalu encer & sering BAB
    Serta tidak minum obat lagi.
    Rendam air PK baru 3x.
    Sejauh ini tidak ada sakit yang sangat menganggu kecuali BAK yg tidak keluar yg membuat tidak nyaman.
    Oia saya minum obat cina sehabis op, nga tau berefek atau tdk.
    Besok hari ke 7 coba berangkat kerja.
    Kesimpulan tidak sesakit yg dibayangkan. Lebih baik sakit beberapa hari di banding sakit yg terus menghantui sepanjang waktu.
    Yg penting tidak perlu malu periksa ke dokter jgn sdh parah baru pasrah (pengalaman pribadi).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul kalimat penutupnya hehe... Lebih baik sakit beberapa hari dibanding sakit yang terus menghantui sepanjang waktu.
      Berarti sakit yang dirasakan agan lebih mending daripada saya ya yg sampe nangis2 haha...
      Terimakasih sudah berbagi.

      Delete
    2. Obat pencaharnya dikasih ama dokter atau beli sndiri mas

      Delete
    3. Klau obat pencahar lactulax tu dikasih dokter apa beli sndiri? Infonya

      Delete
    4. Beli sendiri gpp, lactulax atau pralax manjur.

      Delete
    5. Beli sendiri gpp, lactulax atau pralax manjur.

      Delete
    6. Baiknya klo mau oprasi metode apa ya.... Belom mulai sy udh serem bgt.. Tolong bantuan nya ya

      Delete
    7. Saya malah ga tau jenis2 metodenya gan, kl saya pake metode yg ada gosong2nya hehe.. Jadi pas saya di operasi ada bau gosong daging yg dipotong gitu. Ga usah takut, sante saja, sakit mah pasti hii.. Semangat ya!

      Delete
  18. Mba atiningtyas,mau tanya dong. Saat ini masih ada keluhan yang dirasa ga,yah?terutama masalah defekasi (BAB),apakah bisa normal kembali seperti awalnya sebelum operasi. Karena saat ini saya telah memasuki pekan ke 3 pasca operasi memiliki keluhan susah BAB (rasa ingin BAB begitu besar,tapi yang keluar fesesnya sedikit bentuknya pipih),padahal di 10 hari pasca operasi saya udah bisa BAB dengan lancar alhamdulillah,tapi setelah itu kok malah susah lagi. Yang ingin saya tanya apakah mba ayuningtyias pun sama Mengalaminya, dan berapa lama untuk bisa kembali normal untuk bisa defekasi. Kiranya ada juga yang berkenan untuk bantu jawab dari para bloggerr. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang saya masih sering sembelit mba, seolah-olah untuk BAB itu perlu treatment khusus, hampir tiap hari saya minum obat pencahar (sirup) dan kalo lagi bokek :p minum vegeta herbal. padahal sudah cukup minum, makan sayur dan buah.
      Mungkin memang seperti itu efeknya, kayaknya bagian "itu" nya menyempit ato gimana gak tahu hehe..
      makasih ya sudah mampir dan komen. salam kenal :)

      Delete
  19. Mau berbagi ne...saya baru operasi tgl 10 juni kemarin...metode laser safute (seperti sunatan) jdi setelah operasi 1 - 2 jam sedah bisa pulang .ini hari ke 5 .Pengalaman hari pertama gak begitu berat setelah operasi semuanya masih saya rasa normal (mngkin karena masih ada efek bius) ,mulai hari kedua nyeri ada tapi gak begitu dan saya juga harus membatasi aktifitas karena takut.fase beratnya dari hari ke 3 sampai sekarang...nyeri minim tapi saat BAB rasanya udah gak kuat bgt .Sakitnya mereda sih tapi nahan selama 15-20 menit cukup menyiksa buat saya.Padahal hari pertama kedua gak separah ini sakitnya.Mohon doanya semoga sakit ini cepat2 hilang..saya sudah ingin bebas dari rasa seperti ini..mba atiningtyas kalo boleh tau berapa lama persianya semua kembali normal dan pulih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat berlalu sakitnya mba..
      Kalo untuk saya pribadi, rasa sakit hilang total itu setelah 5 minggu dari operasi.
      Tapi setiap orang beda-beda, ada yang "konsultasi" gara2 tulisan ini dari mulai pra op sampai pasca op, dia langsung bisa naik motor dan tidak merasakan kesakitan. walaupun bekas op nya masih rembes cairan nya.

      Delete
    2. Hr ini hari ke 3 pasca tindakan laser safute, pasca bab perihnya melebihi pasca operasi. Wow bgt jd parno klo mau bab, tp gmna lagi krna klo ditahan takut jd selulit. Ada saran gk mb obt anti nyeri dn yg mempercepat pemulihan??

      Delete
  20. Mau ikutan share 2 hari lalu saya abis operasi wasir stadium 3 metode potong lsg..sebelum operasi saya telah membaca blog ini sebagai refrensi saya jd terima kasih banyak ya mbak..kalo saya rencana operasi ini saya emang sengaja persiapkan karena menjelang libur panjang.tidak urgent seperti mbak ati.dtg kerumah sakit sendiri pukul 8pagi oh saya puasa terakhir makan jam 7 pagi di suruh dokter..permeriksaan ini itu sampe siang.pelaksanaan operasi molor sampe jam 17..selesai 1jam..balik ke ruang perawatan efek anestesi masi berasa..jam 10.00 kebal nya hilang alamak jang..sakit nya sampe sakit kepala nahan nya..suntik pereda nyeri pun tidak ada efek nya..trus dua jam kemudian saya minta lagi pereda nyeri..masi tidak ada efek nya.ada tampon kain kasa dimasukan di anus.sakitttt mules perih pedih jadi satu.jam 5 pagi sakit agak berkurang btw saya ngak tidur semalaman karena sakit nya.jam 8 pagi suntik pereda nyeri lagi lumayan bisa tidur sedikit.jam 10 dokter datang trus bilang sengsara ya semalam.ngomong nya enteng banget...trus dokter kita cabut tampon nya ya..pas di cabut alamak jang lagi dah pedih perih.tp masi bisa tahan..trus saya bilang dok sore saya mau pulang.stelah observasi urus ini itu jam 17 saya pulang..mendingan galau di rumah daripada di rumah sakit.toh sama aja di rumah sakit jg sakit.oh ya saya di temani istri di rs.semalaman bergadang bareng.pulang kerumah masi sakit cuma masi tahap wajar.sampe rumah perut mules mau bab.keluar nya cuma secuil rasa nya luar biasa.bisa tidur di rumah cuma kalo bak pas terakhir ada kontraksi anus ngenyut sakit.hari ini jumat 16 jun masi sakit sih cuma ya bisalah lah.bab bisa walau sedikit.bak jg bisa ngak yg harus balik ke rs kayak mbak ati.ini pengalaman saya nanti kalo 5hari saya kontrol mungkin saya share lagi pengalaman saya..

    ReplyDelete
  21. Mau ikutan share 2 hari lalu saya abis operasi wasir stadium 3 metode potong lsg..sebelum operasi saya telah membaca blog ini sebagai refrensi saya jd terima kasih banyak ya mbak..kalo saya rencana operasi ini saya emang sengaja persiapkan karena menjelang libur panjang.tidak urgent seperti mbak ati.dtg kerumah sakit sendiri pukul 8pagi oh saya puasa terakhir makan jam 7 pagi di suruh dokter..permeriksaan ini itu sampe siang.pelaksanaan operasi molor sampe jam 17..selesai 1jam..balik ke ruang perawatan efek anestesi masi berasa..jam 10.00 kebal nya hilang alamak jang..sakit nya sampe sakit kepala nahan nya..suntik pereda nyeri pun tidak ada efek nya..trus dua jam kemudian saya minta lagi pereda nyeri..masi tidak ada efek nya.ada tampon kain kasa dimasukan di anus.sakitttt mules perih pedih jadi satu.jam 5 pagi sakit agak berkurang btw saya ngak tidur semalaman karena sakit nya.jam 8 pagi suntik pereda nyeri lagi lumayan bisa tidur sedikit.jam 10 dokter datang trus bilang sengsara ya semalam.ngomong nya enteng banget...trus dokter kita cabut tampon nya ya..pas di cabut alamak jang lagi dah pedih perih.tp masi bisa tahan..trus saya bilang dok sore saya mau pulang.stelah observasi urus ini itu jam 17 saya pulang..mendingan galau di rumah daripada di rumah sakit.toh sama aja di rumah sakit jg sakit.oh ya saya di temani istri di rs.semalaman bergadang bareng.pulang kerumah masi sakit cuma masi tahap wajar.sampe rumah perut mules mau bab.keluar nya cuma secuil rasa nya luar biasa.bisa tidur di rumah cuma kalo bak pas terakhir ada kontraksi anus ngenyut sakit.hari ini jumat 16 jun masi sakit sih cuma ya bisalah lah.bab bisa walau sedikit.bak jg bisa ngak yg harus balik ke rs kayak mbak ati.ini pengalaman saya nanti kalo 5hari saya kontrol mungkin saya share lagi pengalaman saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kayaknya sakit banget ya mas pas habis operasinya? hehe... semoga tidak ada gangguan pasca operasi seperti yang saya alami. Repot mas :D
      pokoknya kalo BAB dan BAK lancar sepertinya tidak akan ada masalah berarti. Semoga.
      terimakasih ya sudah membaca tulisan saya. Baca yang lain juga halah hihiii...

      Delete
    2. Mas mau tanya, berati waktu operasi sedang tidak kambub apa bagaimna? Ko tidak urgent. Oiya stadium 3 seperti apa ya mas kondisinya?

      Delete
  22. Hai..mau share lagi 3minggu pasca operasi nih..seminggu pertama hadeh sengsara deh..bab sih bisa tapi keluar nya sedikit sakit nya jgn di tanya sehari bisa 4 sampe 5 kali.katanya sih wajar karena efek samping operasi wasir salah satu nya kehilangan kontrol bab sementara.mungkin pengaruh lactulax untuk pelembek feses nya.untung ada obat pereda nyeri..masuk minggu ke dua masi rada sakit tp banyak berkurang dan bab nya sudah bisa banyak..diet serat nasi sedikit sayur sama buah ngak berani makan banyak2 takut feses nya banyak.berat badan lsg turun drastis.masuk minggu ke tiga sakit hampir tidak ada cuma luka bibir anus blom kering bener tp sudah masuk kerja buat duduk sih ngak sakit lagi..kalo naik motor deket dah berani kalo jauh blom berani karena masi blom nyaman.oh iya pasca operasi wasir hari ke 9 yg bikin kaget pas buang angin keluar nya gumpalan darah beku begitu..ternyata itu jg wajar salah satu efek samping asal bukan pendarahan..semoga tulisan saya bermanfaat..buat refrensi yg mau operasi wasir metode potong langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah berbagi lagi mas :)

      Delete
    2. Pasca operasi keluar cairan warna kuning agak berbau gx? Dan itu udah 4 mngguan lah apa wajar

      Delete
    3. Seingat saya sih cairan itu keluar gak sampai 4 minggu. Kalau wajar atau tidaknya kurang tahu.

      Delete
    4. halo mbak atiningtyas dan pak edi...salam kenal...mbak dan pak edi apa mengalami penyempitan lubang anus setelah operasi wasir...sy ada penyempitan ini...gimana caranya buat menormalkan lagi..mbak sama pak edi kan sdh ada setahun setelah operasi wasir ini...sekarang sudah normal lagi kah???

      Delete
  23. Bermanfaat sekali tulisannya.
    Saya juga baru operasi wasir, tepatnya 4 hari lalu (7 juli). Sakit? Nyeri? Itu pasti, terlebih setelah wfek biusnya hilang.
    Alhamdulillah nya, bab lancar, tinggal kontrol sj.
    Mohon doanya ya teman teman semua. Semoga yg masih dlm tahap penyembuhan, diberi istiqomah, ttp berusaha agar sembuhhhh.

    Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo bisa memberikan manfaat.
      Semoga semua cepat berlalu, pasca op lancar tidak ada gangguan berarti kayak saya hehe.. Aamiin..
      terimakasih sudah berbagi juga.

      Delete
    2. Mba kalau setelah operasi apa BAB keluar gak sakit? Krn saya juga wasir sdh lama,tp baru saja saya BAB seerti biasa tetapi tiba2 wasirnya berdarah dan tdk mau masuk dgn sakit yg luar biasa..saya takut stlh operasi BAB akan sakit dan berdarah lg..dan apakah setiap operasi wasir kita harus pake kateter utk pipisny? Thanks

      Delete
  24. Alhamdulillah saya baru melakukan operasi ambiyen pada 7 juli kemarin. BAB dan BAK lancar. Tp td tiba tiba keluar darah setelah bersin. Jadi Parno gitu. Ada yang pernah mengalami?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih tidak gan, darah keluar itu wajar seperti rembesan begitu dikarenakan bekas luka operasi.

      Delete
    2. Saya jua mengalami, itu katanya infeksi lagi..

      Delete
  25. Bismillah semoga bermanfaat,
    Saya dre 21 tahun, ingin berbagi pengalaman dan barang kali menjawab beberapa keluhan pasca op . Saya operasi dgn metode stepler rasa sakit memang terasa pasca obat bius hilang tp tidak berlangsung lama (tergantung dari ketahanan kita terhadap rasa sakit) , setelah itu 3 hari pasca operasi baru bisa defekasi (bab) rasanya memang sedikit perih sampai gemetar hehe , besoknya baru boleh pulang dan disuruh makan yg berserat minum obat antibiotik, pain killer,vitamin, dan pencahar jika d perlukan, rendam pk , dan obat oles setelah berendam . Jalan 1 minggu Bab ga beraturan itupun kadang keluar (kecil bgt) kadang ngga, tapi mules buanget d bagian anus. Padahal sebelumnya makan sprti sayur, pepaya , air cukup banyak . Parahnya sampai tadi pagi saya masih ngerasain mules hebat, setiap saya berdiri 2 menit pasti langsung mules tapi lagi lagi ga ada yg d keluarin dan seperti ad yang ganjal. Benar saja ternyata feses saya dari pasca operasi sampai skarang masih tersendat , jadi sudah menumpuk dan kering . Saya beranikan diri untuk menunggu dorongan usus besar agar tidak mengejan, selama 1 jam keringetan bcucuran akhirnya penyebab mulas hebat salama ini keluar (feses) , padahal malamnya saya mau kontrol ke dokter untuk konsultasi ini , tp Ahamdulillah sudah beres walaupun agak luka karna ngejan tp worth it karna sumber masalahnya sudah keluar dan langsung rendam PK. Saran saya coba ttp tanyakan dokter mengenai keluhan anda sedetail mungkin, sbnernya kelakuan saya diatas diluar kontrol (menunggu mulas datang lg, mengejan yg diiringi dorongan usus agr tidak trlalu parah, dan jongkok lama d wc) tapi sesudah itu LEGA banget, mulas tidak datang lagi . Semoga bisa membantu ,

    Lekas sembuh sobat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukurlah kalau sudah lega, semoga tidak terulang susah Bab nya. Terimakasih sudah berbagi..

      Delete
    2. Mbk atin.. kpn ya cairan dr dubur berhenti?

      Delete
    3. Sekitar 2 mingguan gan. Sedia tisue yg banyakkk hii

      Delete
    4. Agan Dre, ane baru seminggu pasca operasi, persis sekali dgn kejadian BAB nya. Namun saya masih melilit perutnya setiap bangun dr rebahan. Mw di coba BAB ga ada yg keluar. Tapi perut tetap melilit sakit. Berasa juga ada yang ngeganjal di ujung anus tp susah dikeluarkan dan lumayan perih. Jadi menurut pengalaman agan, ane harus bagaimana?

      Delete
  26. terimakasih sangat membantu ...
    sy mw tanya sahat pasca op.kok muncul benjolan yg sakit..apakah ada jg yg muncul benjolan trus bs hilang gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya si tidak gan, tidak ada benjolan apa2. ditanyakan sama dokter saja gan.
      Terimaksih juga sudah mampir

      Delete
    2. Saya juga ada gan, kalau saya itu jaringan parut bekas operasi.. untuk lebih jelasnya harus ditanyakan ke dokter bedah yang operasi..

      Delete
  27. terimakasih sangat bermanfaat...
    mau tanya apakah pasca op.muncul benjolan? saya sdh 2minggu benjolan masih tp mengecil rasa sakit mash..apakah benjolan bs hilang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ada benjolan mas, doi hari ke 7 operasi, kata dokter gpp, itu efek dr operasi yg akan hilang

      Delete
  28. Mau tnya mbak atiningtyas.. smbuh berapa hari/bulan ya?

    ReplyDelete
  29. Maaf mau nanya barangkali ada yg tau... Klo sedang menyusui gimana ya,, sy takut sekali.. Tpi keadaan wasir nya udh sangat sakit n sempat berdarah juga udh aga susah masuk ke dalam..sudh ke dokter disarankan untuk ke dokter bedah, klo sudah ke dokter bedah pasti dioprasi atau bisa pakai obat dlu ya ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai obat dulu kok mbak kalau masih blm siap operasi. Obat dr dokter atau ramuan apotek, soalnya saya juga biasa begitu dulu. Kalau mau pake jamu daun ungu, direbus diminum airnya. Terus saja teratur mnm itu.

      Delete
  30. Maaaf sekali,, wasir sy jga sepertinya sudah parah tpi sy takut sekali untuk konsul ke dokter bedah pdhl sdh dpt rujukan dr dokter umum.salah satu alasannya sy sedang menyusui jg.. Barangkali ada yg tau apa klo sy mau oprasi sy harus berhenti total menyusui ? Makasih

    ReplyDelete
  31. Hai mbak Tyas saya mau tanya, sudah hampir dua Minggu saya tidak bisa BAB, karena seperti ada yang mengganjal , apakah yang mengganjal itu bisa dibilang wasir, tapi aneh nya saya tidak pernah mengalami bab keluar darah, walaupun saya mengedan dengan kuat tetap saja tidak keluar?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm.. Coba diraba bagian anusnya, apakah ada benjolan yg sakit tidak, kalau ada berarti itu wasir. Wasir dimulai karena susah BAB, dan mengejan yg kuat makanya keluar benjolan.
      Banyak makan buah, mnm air putih yg banyak, tiap pagi terapi Jeniper (Jeruk nipis peras), bisa baca tulisan saya "Berhasil! 10 Hari Diet" untuk penjelasannya.
      Terimaksih sdh mampir yaa.. semoga cepat bisa lancar BAB nya.

      Delete
    2. https://atiningtyas.blogspot.co.id/2017/07/berhasil-10-hari-diet.html

      Delete
    3. Mbak habis brp ya biayanya klao blh tau?

      Delete
    4. Maaf kurang tau mbak, ga berani nanyain hehe..

      Delete
  32. Apkh biaya oprasi ibu ditanggung sepenuhnya olh bpjs? Sperti obat,makan dll selama Di RS

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak semuanya mbak, tapi kurang tahu berapa.

      Delete
  33. Hari ke 4 pasca saya operasi Hemoroid grade 3, dan alhamdulillah hari ini boleh pulang . Jalan sana sini buang air kecil. Cuman keluhan saya . Saya makan banyak tapi belum bisa BAB sama sekali pasca operasi

    ReplyDelete
  34. Saya barusan periksa udh grade 4 harus operasi tp saya masih mengulur waktu blum siap mental

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hub Rs Dharma jalan wonosari yogyakarta 0274 444333
      Dengan dokter bedah Dokter Paran.
      Beliau memiliki metode pila.
      Di suntik di bagian benjolan 1-2 x dan bisa tanpa operasi.
      Biaya sangat terjangkau.

      Delete
    2. Sama gan saya jg takut mau operasi..trus sekrang gmn keadaan nya gan..apa udah d operasi atau blm

      Delete
  35. Saya dulu juga punya riwayat wasir , saya sudah oprasi di hongkong karna saya TKW , pasca oprasi sangat sakit rasa nya , sampai mau bab aja mikir karna sakit ny luar biasa..tapi 2 bulan paska oprasi kok malah timbul penyakit lain yg lebih bikin setres , dan akhir nya saya menjalankan oprasi sampai 2x yg membuat saya trauma, akhir nya saya pun cari cari pengobatan alternatif untuk masalah penyakit saya ini, dan saya ketemu dng dr yusuf , akhir nya saya pun coba kontak beliau untuk konsultasi masalah penyakit saya ni, beliau saran kan untuk rutin minum obat dari beliau jaga pola makan , dan kebersihan ...selama 2 bulan saya lakukan itu demi ke sempurna an dan kesembuhan saya ,sekarang ini saya sudah sembuh total dan sudah bisa makan cabe dll...sekarang saya hanya menjaga pola makan gizi seimbang demi kesehatan...kalau teman teman punya masalah sprti saya coba deh kontak beliai untuk konsultasi pengobatan dll... Yang mau tau no hp dr yusuf bisa email saya. Semoga menjadi spirit buat teman teman yg belum sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tau, operasi yang ke2 apakah operasi wasir juga? Dr yusuf ini juga di hongkong?

      Delete
  36. saya juga udah grede 4 harus oprasi tapi belum berani karna belum siap mental dan masih memilih milih rumah sakit yang menyediakan metode stapler

    ReplyDelete
  37. Hem...boleh gak sharing
    Saya habis operasi ambeien 27september 2017....ambeien stadium 4
    Dirawat di pku bantul....
    Metode yg dipakai ya potong langsung/konvensional
    Biaya utk operasi+ menginap di klas vip selama 5hari 9.3jt
    Dicover bpjs klas 1...6.6jt (klaim bpjs setelah pulang)
    Obat pereda nyeri setelah pulang tramadol (opoid)
    Obat pencahar laxadine
    Obat antibiotik aquinor
    Sebenarnya saat operasi tidak sakit karna sebelumnya di bius spinal....setelah itu bed rest 24jam...tapi karna saya takut ,24jam setelah operasi saya tidak makan apa2 dan bedrest nya 3x 24 jam....
    Untuk sakit ya cukup luar biasa...dubur seperti dibakar...panas,nyeri,senut2 dan ting cekrik karna benang jahitan bergesekan dgn anus.....
    Hari ini 6x24jam pasca operasi saya sudah bisa berjalan...cuma buat duduk belum bisa...karna terasa ketarik ngilu dan nyeri jika dipaksakan
    Untuk pipis lancar tanpa kendala setelah 3x24 jam kateter terpasang
    Untuk BAB ya lancar setelah 3x24 jam gak BAB...dihari ke 3 saya bab 3x sehari dan 1x sehari dihari setelahnya....bab jam 7-8 pagi....
    Bab sambil berdiri ya dan tangan pegangan tempat jemuran handuk...karna kepala saya pusing jika berdiri terlalu lama.
    Sampe hari ini yg masih jadi kendala belum bisa duduk dan masih keluar lendir dari anus....
    Sebelum dilakukan operasi perlu menjalani foto ronsen dulu dibagian dada...memastikan tdk ada kelaian paru2....karna cukup fatal jika saat operasi terjadi sesak nafas...asma kambuh(bagi penderita asma)
    Utk tekanan darah saya 110/70.... normal...jadi bisa langsung dieksekusi.....
    Mungkin segitu dulu cetitanya....kira2 berapa lama ya sembuh totalnya??? Mengingat saya baru 6hari pasca operasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya total sebulan lebih gan. Terimakasih sudah berbagi ya.. :)

      Delete
    2. Hari ini 7oktober...keadaan saya memburuk 2hari ini...karna luka sudah mengering dan anus ngilunya setengah mati....sudah kontrol dokter katanya baik2 saja...entah berapa lama lagi rasa panas dianus dan bengkak di kaki mereda....sekarang untuk pipispun hanya ditempat tidur pake plastik...karna kepala pusing dan keringat dingin keluar begitu berdiri....efek sakit ygluar biasa.....

      Delete
    3. Hari ini 12 october....yah 15hari setelah operasi....keadaan berangsur2 membaik....wajah pucat mulai memudar....bekas jahitan sudah pada rontok...
      Gimana bab?? Dihari ke 13 saya paksakan dan beranikan diri bab jongkok....ubun2 seperti ditarik rasanya....dan saat dilewati feses...anus seperti disayat tanpa obat bius....ruar biasa sakit...tapi nekat saja ...paling entar pingsan....hahaha....dan saya sudah tdk tahan pengen makan yg pedas2....jadinya dihari 14 sudah stop bubur! Makan ya nasi bebek goreng dgn sambal yg joss...siang makan mie bakso yg hot....paginya saat bab tinggal teriak sejadinya....sampe urusan bab kelar....beres. saya juga bosan dgn obat2an....semenjak 1resep baquinor (antibiotik)habis...semua obat saya hentikan...dari pereda nyeri dan pencahar....gantinya makan lotek/gado2 yg mak nyos....dgn nekat seperti ini asupan gizi tercukupi rasa sakit bisa ditahan dan saya bisa aktivitas ringan dgn normal!!...pokoknya operasi dah selese...jahitan dah beres....bisa bebas ....makan yg enak2...kalo bab sakit paling ya sekarang sampe sebulan kedepan....pokoknya yg mau oprasi....siapkan mental untuk hari2 pasca operasi...bener kata dokter nikmati saja prosesnya....

      Delete
    4. sore mas glatik, utk biaya kenapa tidak dicover BPJS semua? apa karna mas pindah kelas ke VIP atau ada alasan lain?? terima kasih mas.

      Delete
  38. Share untuk teman teman, 30 sep 2017 saya melakukan operasi wasir dengan metode stapler..masuk rs hari jumat sore, lalu puasa dari jam 2 pagi. Dilakukan operasi jam 8 pagi...dibius epidural, perut kebawah kesemutan dan akhirnya kebas..sambil ngobrol dgn tenaga medis operasi..30 menit kemudian selesai, dipindah ke ruangan obsevasi 3 jam. Lalu dibawa kekamar lg.

    Sampai dikamar cuma bisa buka hp dan...ga sakit sama sekali sampai jam 6 sore karena efek bius nya. Setelah itu dimulai lah drama akhir tahun. Bukan sakit sih tapi lebih ke mules menurut saya. Sampai telp ibu buat ngobrol supaya lupa rasa mulesnya..(saya sendirian dirumah sakit dari awal). Akhirnya panggil suster menanyakan boleh kah BAB dan akhirnya di copot kain kasa penutup bekas operasinya. Kata perawatnya BAB di tempat aja, ga boleh bergerak dari tempat tidur.tapi ga keluar keluar..pertama kali saya buang angin.keluar semacam gel campur darah beku..ga tahu ya itu apa..setelah buang angin agak lega ditambah suntik penghilang rasa sakit.
    Besok pagi langsung BAB wiih lega, ga begitu sakit..yg sakit lepas kateter.ngilu hahaha..(saya baru sadar dipasang kateter saat mau BAB, kenapa ada selang di sini..).
    Besoknya pulaaang bayar ini itu. Dirumah tiduran dan besoknya langsung kerja..masih terasa ganjel, efek operasi masih bengkak. tapi BaB dan BAK lancar seperti biasa. Kalau naik ga bisa jauh. Ga nyaman.

    Sekedar info.
    Total sekitar 19 termasuk alat stapler 6.yg ini yg bikin sakit walau udah dibius hahaha. Pernah konsultasi di fatmawati total sekitar 15-16.

    Dan dapat info kalau ini katanya ditanggung bpjs.

    ReplyDelete
  39. Baru operasi minggu lalu dgn metode stapler tidak ada rasa sakit hanya agak mules setelah bius habis kurang lebih 10 jam setelah operasi. Diberi obat penghilang rasa sakit dan tidur lelap. Bisa BAB dan BAK keesokan harinya dan alhamdulillah lancar. Pulang 3 hari setelah operasi. Dan sudah masuk kerja.hanya ga bisa naik motor jauh.ga nyaman.
    Total operasi sekitar 19 jt termasuk alat stapler.(alat dibawa pulang untuk kenangan hahah)

    Bisa dgn bpjs tapi berapa total yg di cover saya kurang tahu.

    Pernah konsultasi di fatmawati sekitar 15-16 jt.tergantung kelasnya ya..

    ReplyDelete
  40. Sekedar sharing buat yg masih sembelit setelah operasi wasir... (apalagi yg mengalami penyempitan anus krn wasir sudah melingkar)

    Baiknya mencoba makan buah naga, air kelapa hijau, kurma, minyak zaitun, vco (minyak kelapa murni), yogurt dan jangan lupa minum air putih yang banyak.

    Biidznillah, semoga tidak sembelit lagi. Meskipun mukuran feses nya jd lebih kecil tp setidaknya bisa keluar banyak dan lancar. Jd ga sakit terus2an.

    Silahkan dicoba selang seling...semoga yg masih sakit atau yg masih dlm proses penyembuhan stlh operasi segera sembuh yaa..
    aamiin


    ReplyDelete
  41. Sekedar sharing buat yg masih sembelit setelah operasi wasir... (apalagi yg mengalami penyempitan anus krn wasir sudah melingkar)

    Baiknya mencoba makan buah naga, air kelapa hijau, kurma, minyak zaitun, vco (minyak kelapa murni), yogurt dan jangan lupa minum air putih yang banyak.

    Biidznillah, semoga tidak sembelit lagi. Meskipun mukuran feses nya jd lebih kecil tp setidaknya bisa keluar banyak dan lancar. Jd ga sakit terus2an.

    Silahkan dicoba selang seling...semoga yg masih sakit atau yg masih dlm proses penyembuhan stlh operasi segera sembuh yaa..
    aamiin


    ReplyDelete
  42. Saya oprasi ambeyen hari minggu 15 oktober 2017 . Ini hari ke 7 masi nyeri hebat dan gemeteran. Blm bisa BAB juga. Kamis kmrn mau BAB nyeri bgt mau pingsan. Masi bedreast total. Berdiri agak lama mau pingsan juga. Mohon pncerahan tmn2. Kira2 nyeri paska oprasi ambeyen hilang jika dah berapa hari ya.?

    ReplyDelete
  43. Saya juga oprasi hemoroid pada 18 oktober kmren. Hingga saat ini tgl 25 saya bel juga bisa bab. Obat pencahar dr dokter saya juga minum just aloe vera dan pepaya masih belum juga bisa bab. Setiap kali kekamar mandi selalu darah yg keluar.apa ada cara lain agar bs bab segera ya? Smpe saat ini juga nyerinya belum hilang

    ReplyDelete
  44. Maaf saudara2..saya mau tanya ada yg pernah pake metode BEIM gk untuk operasi??
    Saya kena ambeien..kayaknya external tp gk tw juga belum periksa dokter..saya masih takut..
    Mau minta saran yang lebih baik di RS atw klinik wasir?
    Mohon bantuan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. K RS. AL IRSYAD Surabaya saja. D Jatim cuma d sana, 1 bulan lalu sy hbis oprsi d sana. Dokternya baik2.

      Delete
    2. Mbak intan permatasari.. Boleh minta kontak nya mbk intan?
      Mw nanya2 pengalaman operasi di sna?

      Delete
    3. Bila mbk intan berkenan bisa sms atau wa sya di nomer 08563251721

      Delete
  45. Maaf saudara saudara ada yang pernah pake metode Beim gak untuk operasi?
    Minta saran untuk operasi mending di RS atau di klinik wasir??
    Saya mau operasi tapi masih takut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya operasi dengen metode beim, rasa sakit minimal tapi saya terkena penyempitan anus, sekarang sudah 5bulan pasca operasi..kalo feses padat bab susah & sakit..tapi kalo bisa jaga makan supaya feses lunak ya bab nya bisa lancar..

      Delete
    2. Kalo penyempitan anus... Apa ndak bisa di terapi mbk? Biar bisa agak longgar lagi... Denger2 pke terapi jari gitu mbk.

      Delete
    3. Mbak purwanti, saya juga spertinya penyempitan anus, sudah 1 bulan operasi, sakit sudah tdk terasa tapi BAB susah sekali, saya kepayahan tiap BAB hanya keluar seruas jari saja pdhl malem sudah minum laxing.. Gmn caranya mba 5 bulan tahan spt itu?

      Delete
  46. BEIM, gak banyak darah kluar. Tanpa jahitan, jd gak trlalu was2. Dokternya baik2, sy habis dr oprsi 1 bulan lalu. D RS Al- Irsyad Surabaya. Penanganannya bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bisa di cover bpjs gk ya mbk?
      Sya minta kontaknya mbk intan permatasari dong.. Mw tnya2 pengalaman operasi disna..

      Delete
  47. Msih sering keluar cairan sperti nanah tpi agak kental nggak mbak.. Trus msih basah apa udh kering luka pasca operasi ny.. Sya jg pke beim d jkt cuma msh basah dn msh ngeluarin cairan spt nanah.. Udh satu bulan jg Pasca op

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 bulan pasca op luka sudah sangat membaik, bahkan udah sembuh mbak/mas. Nanah tidak ada, paling hanya darah sedikit bisa dilap pake tisue.

      Delete
  48. Assalamu'alaikum sobat disini saya mw berbagi perihal pasca operasi hemoroid atw biasa dikenal ambeien... 3 mnggu yllu saya operasi ambeien dgn metode konvensional dikrenakan asuransi tdk memberikan pilihan stapler entah knp.. sehari sblm oprsi saya puasa n diberi suntikan dianus sbnyak 3x utk membersihkan usus dr bakteri..sorenya jm 5 sore sy dieksekusi n selesai jm stngah 7 sore... pasca op sy ga berani utk mkn atwpun mnum krn takut BAK n BAB.. akhirnya hr k. 2 pasca op sy coba beranikan mkn n mnum.. Alhamdulillaah BAK bs dgn mudah (ohy pasca operasi sy ga dipasang kateter).. tinggal BAB yg blm bs.. keesokannya sy minta agar stamponnya dilepas bukan krn ingin BAB tp agar sy bs cepat plng walaupun msh sangat sakit n rembes darah dr anus.. akhirnya keesokannya hr k.5 pasca op sy dibolehkan plng.. nah dirmhlah sy bru bs bener"bebas merawat.. luka jaitan pasca op sy bersihkan menggunakan refanol lalu ditaburkan obat bubuk solfanilamide atw obat bubuk yg biasa dipake buat ngobatin luka sunatan.. rutin pake itu smua 2x sehari sembari berendam pk Alhamdulillaah 10hr psca op luka jaitan cepat rapat n mengering yg penting jgn bnyak jalan krn itu obat bubuk takut membuat lecet krn gesekan.. ohy utk tips agar bs BAB setiap mlm sblm tdur mnum obat pencahar 2 sndok takar n rasakan pagi harinya setelah sarapan adakah rasa mules jika msh jg blm mules coba usahakan masukkan obat rudal lewat anus 2 biji.. sy jamin akan ada reaksi BAB yg luar biasa n bikin lega.. klo bs obat pencahar jgn trllu sering dimnum... dicoba aj obat rudal tiap pagi shbs sarapan dimasukkan ke dlm anus 2 biji sekaligus.... InsyaAllaah bermanfaat.. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah setelah efek obat bius hilang akan merasakan sakit yang lama atau cuma sebentar ?dan berapa lama sembuh totalnya supaya bisa beraktivitas kembali sprti biasanya ya?

      Delete
  49. assalamualaikum mba.. berapa hari rasa sakit setelah operasi mulai hilang dan BAB normal kembali ? berapa lama sembuh totalnya ya? rencana saya akan operasi juga dengan metode konvensional karena sayang sudah stad 4 ya bisa dibilang sudah parah, doakan semuanya semoga lancar ya..aminnn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, sakit luar biasa cuma beberapa jam mas, sembuh total sekitar sebulan. tergantung kondisi pasien masing2. kalo baca semua komen2, ada yang 3 hari langsung berangkat kerja

      Delete
  50. assalamualaikum mba.. berapa hari rasa sakit setelah operasi mulai hilang dan BAB normal kembali ? berapa lama sembuh totalnya ya? rencana saya akan operasi juga dengan metode konvensional karena sayang sudah stad 4 ya bisa dibilang sudah parah, doakan semuanya semoga lancar ya..aminnn...

    ReplyDelete
  51. Gmn gan udah jd operasinya?
    Ane jg stadium 4 dan udah gede.... Mengganjal di pan**t. Huhu

    ReplyDelete
  52. pengalaman operasi hemoroid.
    1. tgl 28-11-17 jam 13.30 masuk ruang operasi, jam 14.00 selesai dan langsung diantar ke kamar
    2. tgl 28 jam 10 malam obat bius sudah mulai hilang. rasa sakit tidak begitu kuat, tp gak berani gerak sedikitpun.
    3. tgl 29 jam 10 pagi berendam air pk sambil berusaha lepasin kain kasa yg ternyata cukup dalam masuk di zub*r. ini adalah moment yang paling sakit. butuh 3 menit untuk bisa keluarin kain kasa tersebut. kaki saya sampai gemeteran karna efek sakitnya. hiiuft
    4.tgl 29 jam 3 sore cabut dari rumah sakit dan pulang kerumah, karna dokter sudah menyarankan pulang (mungkin karna bpjs) haha
    5. tgl 30 jam 4 subuh saya BAB untuk pertama kalinya, tidak sakit dan tidak berdarah. kemudian jam 4 sore sayaa coba bawa motor sendiri untuk sekedar mengetes rasa sakit, ternyata tidak sakit.
    6. tgl 1 jam 6 pagi BAB yg kedua, ada keluar darah dan sedikit sakit. jam 12 siang coba beraktifitas keluar rumah (sholat jumat) berjalan lancar, tp kepala pusing sekali tiap kali berdiri disertai ingin muntah. ternyata kata temen itu efek bius lokal (tulang belakang) yg membuat aliran darah kurang sampai ke otak.
    7. tgl 2 (hari ini) jam 13.00 BAB dgn rasa yg cukup sakit, tp tidak berdarah. sekarang rasa sakit utama saya berupa sakit kepala, gak tau sampai kapan sakit kepala ini reda. cara ngakalin sakinya hanya dengan merendahkan kepala atau bawa baring.

    buat siapapun yg ingin operasi gak usah takut dan yg sudah operasi moga lekas sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Shayrul operasi dengan metode apa ya mas klo boleh tau?

      Delete
    2. saya tidak tanya, sepertinya cara biasa. bpjs tidak menanggung oprrasi dgn stapler. saya sejak 2009 kenak wasir dan bersyukur membaik setelah operasi. jadi gak usah takut operasi. moga mas ed j lekas sembuh.

      Delete
    3. Mas Syahrul, cara daftar via BPJS melalui faskes 1 dlu ya? Agar dpt surat rujukan

      Delete
    4. 1. ke puskemas minta surat rujukan untuk operasi, surat ini berlaku 1 mingu. jadi ke rumah sakitnya bisa kapan2.
      2. datang kerumah sakit yg kita pilih (sesuai dalam point 1)
      3. dokter akan periksa, jika positif perlu operasi. dokter akan kasi jadwal operasi
      4. datang kerumah sakit 1 hari sebelum jadwal operasi karna malamnya akan diberi obat pencahar.

      o iya saya skrg sudah sembuh total, gak ada pantangan makanan apapun lagi, bisa makanan pedes bahkan di level pedas yg tinggi. hanya saja minum air putih tetap harus banyak biar gak keras bab nya. tanda cukup minum bagi saya adalah tiap 4 jam ada kencing, jika tidak ada berarti saya kurang minum :)

      Delete
  53. Selamat malam mbak ati.
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih utk tulisan ini yg sangat membantu saya.
    Sy mau tanya. Saat pertama kali BAB pasca operasi baiknya menggunakan closet jongkok atau duduk? 4 hari yg lalu saya operasi hemoroid dan sampai hari ini belum bisa BAB. karena memang belum muncul rasa ingin BAB dan jujur masih ada perasaan takut dan risih saat jongkok utk BAB.
    Kiranya mbak ati dan teman² lainnya dpt membantu berbagi pengalaman, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbb mbak. Ini mbak Jean bukan? Kita ngobrol lewat japri aja ya mbak.
      Fast respon via FB mbak.

      Delete
    2. Mbb mbak. Ini mbak Jean bukan? Kita ngobrol lewat japri aja ya mbak.
      Fast respon via FB mbak.

      Delete
    3. Selamat malam mbak ati, saya pasca operasi wasir tgl 12 des kemarin, saya rasa kurang lebih sama seperti yg mbak rasakan, kalau diijinkan saya mau bertanya via sms/wa agar lebih cepat, bila mbak berkenan mohon sms atau WA saya 081282222963, saya tunggu responnya mbak trims....

      Delete
    4. Fast respon via FB mas. Maaf baru baca komentar.

      Delete
  54. Mbk2 mas2, mau tanya nih,.. Saya kemaren baru sadar kalo wasir saya udah muncul keluar anus, saya mau operasi pas libur kuliah nanti, nah pengen tau nih kalo operasi wasir biasanya posisinya seperti apa ya?
    Tengkurap atau telentang ?
    Maaf ya.. Rada nyeleneh pertanyaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih cepat lebih baik... Ambil keputusan untuk operasi. Kalau pas operasi posisi badan 1/2 tengkurap 1/2 terlentang

      Delete
  55. Saya mau berbagi pengalaman. Umur saya 17 tahun tp sy udah kena hemoroid grade 4. Kadang duduk aja keluar darah, lagi pipis juga keluar darah,apalagi bab keluar juga darahnya. Saya risi dan akhirnya memutuskan untuk oprasi. Tanggal 30 kemarin saya oprasi. Selesai oprasi terasa tidak nyeri sampai pada akhirnya rasa panas perih di dubur karna efek obat biusnya udah abis. Di tambah mamah saya (selang kateternya di gantung di atas)jadinya gabisa bak karna harusnya kateter di gantung di bawah biar ngalir. Besoknya saya cabut tampon perih ngilu gitu. Udah gitu saat dirumah saya sampe sekarang susah sekali bab bahkan ga keluar. Saya udh minum laxadine juga ga mempan.saya ejanin tetep aja ga keluar dari lobang duburnya. Rasanya menyiksa sekali tidak bisa bab :")

    ReplyDelete
  56. Saya udah satu bulan pasca operasi ambeien pake metode konvensional..
    Yang mau saya tanyakan kok anus saya menyempit ya beibz..
    Sampe sekarang kalo buat bab masih susah kudu full power buat ngeluarin facesnya..
    Kadang juga berdarah ..
    Apakah itu normal.?
    Mohon masukannya beibz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal gan, saya juga begitu, harus rajin sekali makan buah biar fesesnya lunak.

      Delete
    2. Normal gan, saya juga begitu, harus rajin sekali makan buah biar fesesnya lunak.

      Delete
  57. Waktu biusnya habis rasanya luar biasa. Ada sensasi kebakar gitu.. Wkwkwk
    Tapi mau gak mau harus nekat, daripada bertahun2 merasakan ambeien yang sangat menyiksa..
    Btw saya udah menderita ambeien 5tahun,dan awal tahun 2018 diharuskan operasi karena sudah stadium 4 dan benjolan tidak bisa masuk lagi.
    H+10 pasca operasi udah mulai kerja,sedikit nyeri kalau buat duduk, kalo buat jalan fine2 aja..

    ReplyDelete
  58. Saya mau berbagi pengalaman, saya laki-laki berusia 30 tahun, saya sudah mengalami wasir Internal selama 10 tahun dan terakhir saya periksa sudah stadium 3, di bulan September 2017 saya pendarahan terus menerus jika BAB, dua minggu pendarahan saya Drop karenan HB nya 5...
    setelah itu saya opname 3 dan transfusi darah 4 kantong, itu pun HB saya naik 9,8 saja normalnya di atas 12...
    setelah pulang dari rumah sakit saya tetap pendarahan, saya putuskan untuk operasi, saya operasi bulan oktober 2017 dengan metode konvensional, Pasca operasi saya tidak bisa BAK selama 2-3 hari, setelah Tampon di lepas baru bisa BAK, Setelah itu BAB pertama kali susah sekali dan rasanya mau pingsan, mau bagaimana lagi mau ga mau harus di keluarkan...
    Selama itu sampai sekarang saya posting ini saya di katakan belum sembuh total...
    jika ingin bertanya tentang pasca operasi saya bisa lewat WA : 083854865240

    ReplyDelete
  59. Sy mau berbagi pengalaman wasir. Sdh ada jalan 4 tahun sy menderita wasir. Mungkin sdh stadium 4.Setiap BAB pagi hari pasti nongtot istilah org cinben. Dan susah dimasukin kembali. Alhasil setiap naik motor, kalo ada polisi tidur wasir itu te kadang masuk kembali. Tersiksa sekali, kadang pas cebok darah segar masih mengalir melalui kedua paha sy. Terkadang sy pakai pembalut milik istri. Karena takut rembes ke celana. Alhasil krn tak kuat menahan sakit setiap hari, sy tekadkan saja hati ini utk operasi wasir. Kt org sih operasi safute yg bagus. Tp biarlah harganya mahal, tp sy sdh sembuh sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahalnya sampe berapa mas kl boleh tau?

      Delete
    2. Biaya nya dulu maret 2017 10 juta, itu jg sudah nego sm dokternya. Ada yg lebih bagus, tp sy pilih yg ini. Soalnya mslh keuangan. Boleh mbak operasi safute lebih bagus drpd operasi konvensional. Sakitnya bisa diminimalisir. Puji Tuhan jg karna semua operasi berjalan dgn baik sampai saat ini.

      Delete
    3. Kl bokeh tau klinik safute alamat'a dmn ya mas ? Bandung ada kah ?

      Delete
  60. Hallo ka ningtyas aku rencana mau OP wasirku tapi rasanga takut banget aku mau tanya saat operasi kita boleh di temani keluarga atau bener-bener kita sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya sendirian mbak, sante saja, saya malah pengen dengerin musik saking betenya pas operasi n pemulihan. Gak krasa sakit apa2 karena dibius dr pinggang ke bawah.
      Tenang sajaa... Hee

      Delete
  61. Saya mengalami hemoroid internal dan eksternal, sudah stadium 4.. Luar biasa sakitnya.. Skrng sudah H+10 pasca operasi, sama seperti yg lain setelah efek obat bius hilang sakit banget memang sampai2 pentanil nya ditambah sampai 3 kali baru saya bisa diam. Yg jadi kendala adalah saat BAB, suakitt bgt pdhl sebelum dan sesudah BAB pasti direndam larutan PK. Malam ini malam ke 10, sejak kmrn saya blm BAB tiba2 nyeri dan berdarah.. Skrng istri saya lagi nyari obat biar gak pendarahan.. Kudu siap mental memang kalau habis operasi hemoroid.

    ReplyDelete
  62. Malam ini saya masuk igd. Karena tadi sore saya kebelet bab tapi yg keluar gumpalan darah dan darah segar dalam jumlah yang sangat banyak sekali. Berulang sampai 4x.. Di igd hanya diinfus dan diinjeksi bbrp obat dan disuruh pulang untuk rawat jalan. Saya tanya bagaimana jika darah terus keluar seperti itu jawabannya sudah diberi obat untuk pendarahan. Sampai dirumah dokter bedahnya telpon(dokter bedahnya baik) katanya kemungkinan akibat laserasi saat mengejan. Besok jika masih tetap bleeding akan dijahit lagi.. Ya ampun saat sakitnya sudah mulai reda malah dapat kabar mau dijahit ulang.

    ReplyDelete
  63. Numpang Curhat pengalaman Pasca Ops. AMBEIEN ya...
    Saya sdh lama mengalami ambeien (mungkin lebih dari 20thn) cuman jarang mengalami keluhan.
    Hasil browsing 1 tahun terakhir dan membaca banyak testimoni sesama korban Ambeien ini Saya memilih teknik laser safute (bipolar/ligasure tech.), biayanya 15jt dilaksanakan di sebuah Klinik di Bintaro.
    Hari eksekusi tiba tgl 26/01/2018 saya datang dari Makassar, langsung ke Klinik, prosedur administrasi sambil nunggu dokter anastesinya pulang jumatan ngobrol ma dokter ahli bedahnya seputar penyebab penyakit, resiko dan bagaimana perawatan pasca operasi termasuk berapa lama pemulihan (katanya tiap orang berbeda, tapi waktu umumnya 1 minggu- 1 bulan, tergantung juga keparahan/banyaknya area ambeien yg dipotong)
    Tereng....
    Dokter anastesi datang, tanya berat badan trus masukin jarum anastesi di tangan (versi mereka sedasi/anastesi ringan), saya disuruh naik t4 tidur dgn posisi miring menghadap tembok dgn posisi kaki di tekuk seperri orang jongkok, nggak lama saya dipanggil2 untuk bangun dan bilang sudah selesai, suami dipanggil dan kami ditunjukin 3 potongan danging ambeien yg sdh terbakar seperti potongan pusar bayi yg puput, suami sampai kaget karena waktu menunggu di luar tidak sampai 1/2 jam. Selesai operasi diberi arahan ttg konsumsi obat2an dan pola makan (2 minggu pertama dilarang makan2an keras maupun makanan berserat, katany biar volume fesesnya jangan terlalu banyak). Pulang dari Klinik, makan siang di mall samping hotel, masih belum bisa tahan diri untuk sama sekali nggak makan sayur, selesai makan minum obat dan akhirnya saya tertidur sampai besok paginya walaupun malam saya sempat terbangun dan ngobrol sama suami serta minta diantar BAK karena mata saya lengket nggak bisa dibuka.
    Hari II cuman BAK, belum ada rasa sakit yg signifikan, sehingga saya masih berani cari makan ke mall sebelah hotel walaupun pulang2 kasa dan celana dalam saya banyak bercak darah
    Hari III waktu kontrol sebelum pulang ke Makassar dan penderitaan dimulai, udah siap2 mau check out tiba2 pengen BAB dan rasanya ruar biasa... keringat dingin, sakitnya sampai ubun2, berdarah dan saya gemetar sampai demam rasanya, terpaksa telpon front office untuk extend room 2 jam sambil nunggu nyerinya reda. Dari Klinik langsung ke airport, pulang ke Makassar dengan setumpuk oleh2 obat2an tambahan selain yg dibawa pasca operasi (sepertinya cukup untuk 2 minggu) antibiotik, pereda nyeri, anti pendarahan, anti radang (karena ada pembengkakan anus di sekitar luka operasi) & pastinya obat pencahar/pelunak tinja.
    Hari IV-V perjuangannya sama, menahan sakit selama dan setiap habis BAB karena masih berdarah, saya jadi takut makan dan mulai menahan2 BAB karena mau menghindari BAB tapi yang terjadi adalah....
    Hari VI sepertinya feses saya mengeras dan hanya keluar 1 bungkil kecil pada pagi hari dengan kesakitan yang levelnya naik dari sebelumnya, saya +dosis pelunak tinja jadi 2x sehari (sebelumnya cuma 1x malam) berharap bisa BAB lagi karena rasanya diujung anus ada yg mengganjal dan perut rasanya mulai nggak jelas dan itu terjadi selama 1 hari.
    Hari VII sambil nangis saya masukin microlax ke dubur biar bisa keluar, dan 10 menit selanjutnya buang air dgn jumlah dan ukuran yg relatif padat, sakit pakai banget tapi perut saya lega. Sehari itu saya cuma bisa tengkurap dan mulai siang habis makan siang BAB lagi, alamak... ampun
    Hari VIII BAB mulai 2x sehari bangun tidur dan setelah makan siang, saya mulai stress membayangkan sakitnya tapi mulai pasrah karena membayangkan sakit dan nggak enaknya feses mengeras karena menahan BAB lagi
    Sekarang hari X pasca operasi, saya masih tergeletak di t4 tidur dgn pola BAB 3x sehari dgn sakit yg belum berkurang, surat sakit sudah habis dan diperpanjang untuk 3 hari ke depan, semoga semua ini cepat berlalu, mohon doanya ya teman2.
    Kalo sakit ya nangis saja, nggak ada yg bisa dilakukan sepertinya selain menikmati penderitaan ini sementara hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama.kayak.saya mbak...saya juga habs operasi pakai safute..neh dah jalan hari ke 8 alhamdulillah..bab yg begitu mbak panas e minta ampun..tp harus bab..hbs bab persiapan baskom es aja mbak..trs pola makan dijaga mbak..klo saya dah gak pakai pelembut feses..paling manjur pakai jus buah naga..pagi sebelum sarapan..sama sore sebelum makan malam..dijamin bab lancar mbak..saling mendoakan aja mbak..muga muga cepet sembuh..amiinn..

      Delete
    2. Saya juga baru opetasi safute hari ke 8, memang feses keras itu kendala utama. Saya baca beberapanliteratur, obatboenahan nyeri membauat feses keras, sebaiknya kalau gak nyeri2 banget jg minum obat anti nyerinya. Minum gamat sama minyak zautun dan banyak maka buah yg berserat, mrlon pepaya dan buah naga. Semiga kita semua segera diberi kesembuahn

      Delete
  64. kak aku masih umur 21 tahun, dan saya sudah punya penyakit wasir kurang lebih 8 tahun. dan skrg udh stadium 4 kmaren2. orang tua blum tahu saya kaya gini.
    saya bingung dan malu juga bilang ke orang tua. saya merasa belum siap karena biaya dan juga nanti di operasinya bagaimana karena sangat malu sekali kalau harus di perlihatkan *maaf anusnya.
    kira-kira saya harus bagaimana ya kak, saya udah gasanggup juga nanggung sakit tiap kali BAB ?? :((

    ReplyDelete
  65. kak saya ingin curhat juga, saya berumur 21 tahun sudah punya wasir sekitar 8 tahun. dan saat ini sudah masuk stadium 4 , soalnya baru2 kemarin tiap kecapean selalu keluar darah di anus.
    orang tua tidak mengetahui saya punya penyakit wasir. saya bingung dan malu juga bilang ke ortu. di tambah lagi takut biaya yang di kelaurkan mahal kak . kira2 kmaren kakak ngeluarin biaya buat operasi berapa yah kak ?
    hati sebenarnya sudah siap tapi yang bikin saya down lagi karena malu harus diperiksa *maaf anusnya gitu mba, jangankan diperiksa di operasipun saya malu sekali.bagaimana cara mengatasi rasa malu saat operasi kak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau ga mau harus di operasi mbak. Sy sudah coba pakai berbagai ramuan, obat china, dokter segala macam tidak pengaruh. Dan kalau sudah operasi,ga ush malu mbak. Jalani aja seperti biasa. Biaya operasi jg cukup lumayan mahal. Tapi itu semua untuk kenyamanan kita mbak. Dan kesembuhan yg didapat lebih bagus.

      Delete
    2. Bisa nego ya mas harga'4 Alamat'a dmn ya ? Bandung ada kah ?

      Delete
  66. Saya ingin berbagi pengalaman pasca ops wasir, saya mengalami wasir sekitar 2 tahun kata dokter wasir saya tergolong stadium 3 tp tidak ada keluhan maupun pendarahan saat BAB. Namun saya mulai risih saat cebok krn ada tonjolan dan kata dokter apabila tdk diangkat maka selamanya tdk bs sembuh bahkan akan bertambah parah. Minggu lalu 22feb18 saya memutuskan utk ops wasir menggunakan alat stapler. Ops dimulai jam 09.30-11.30 menggunakan anastesi spinal seperti melahirkan dan saya diberi suntikan bius sehingga saya tidur. Saya agak bingung tuh saat anastesi udh hilang kok ga terasa sakit/nyeri. Sorenya saya baru bisa BAK dan sekalian dibuka kain kasanya, baru deh terasa nyeriiiiiiiii dan panassss. Besoknya, hari pertama pasca ops saya blm bisa BAB mungkin krn sblm ops perut sudah dibersihkan pake pencahar. Saya tidak terlalu merasakan panas dan perih lagi krn diberi antinyeri lewat infus jadi saya bisa bergerak bebas. Kemudian hari ke3 pasca operasi dokter mengizinkan saya pulang dengan kondisi saya belum bisa BAB. Sampai di rumah saya baru bisa BAB dan fesesnya hanya secuil tapi sakitnya luar biasa. Hari ke 4 saya beranikan diri untuk coba BAB lagi dan ga bisa keluar, terasa mengganjal dan sangat keras. Saya minumin laxadine pun tetap tidak bisa keluar. Akhirnya saya minum minyak kelapa dan saya pancing pakai microlax di hari ke5 dan berhasil keluar fesesnya. Rasanya gemeteran keringat dingin sakitttnyaaa sampe bikin menggigil n kaki keram. Hari berikutnya BAB mulai lancar tapi rasa sakit masih terasa saat BAB, hanya tingkat kesakitannya berkurang. Dan sampai saya menulis ini saya merasa kondisi saya sudah sangat fit padahal belum genap seminggu pasca operasi. ohya untuk biaya operasi dan rawat inap 5 hari totalnya 19,sekian jt. semoga cerita saya ini bermanfaat

    ReplyDelete
  67. Mb tyas hari ini aq periksa di dokter bedah,,, kata dokternya benjolan kecil yg ada di anus saya bukan wasir.benjolannya muncul baru 4 harian ni. Trus kalau bukan knp dokterny menyarankan buat operasi ya ?

    ReplyDelete
  68. saya malah baru aja. operasi. emang sih sakitnya luar biasa. ya gimana lg hampir gk ada cara lain

    ReplyDelete
  69. Selamat pagi semua testimoni kalian sangat membantu sekali kebetulan saat ini sy mau menjalani operasi ambien mohon doanya semoga operasi sy bejalan dengan lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Gimana mbk op nya? Pake metode apa n pake bpjs atau pribadi?

      Delete
  70. saya baru kemarin.kamis 15 maret 2018 sekitar pukul 11.00..3 jam pasca oprasi bener2 nyiksa bnget..tdr susah.mau kncing susah..karena,ada pipa yg di masukin ke anus..dari hbis oprasi gak boleh BAK sampe jam 7 mlm br boleh..kebayangkan nyiksanya nagan kencing dari jam 3 sampe jam 7 mlm..
    mlm nya sampe pagi bnr2 perih banget krn ada pipa tuh..pas paginya dtng dokter lngsung ngelepasin pipa yg bikin nyiksa tuh n lngsung di olesin obat..jam 10 pg chket out dari RS..nebus ovat n di saranin buat rendamin luka bekas oprasi dgn air hangat sktar 10-15mnt..saat saya nulis ini bearti udah hr kedua..y mudah2an cpt smbuh kyk tmn2 yg lain..dah capek kesiksa wasir .kerja ga konsen.mana kerja dilpngn lagi..plus BAB yg tiap hr kluar darah seger..mslh biaya,alhmdulillah di sini lbh murah..gak nyampe 1jt plus rawat inap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok murah betul mas biaya nya..gmn cerita nya tuhh

      Delete
  71. saya juga baru operasi wasir seminggu lalu tp maaf kenapa pas bak kaya masih ada daging tumbuh apa itu pembengkakan. klo masalah bab saya ga ada masalah sakit hanya masih bisa ditahan.. kata dokter bedahnya wasir external saya masih ada . ada kah yang seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana skrg keadaanya? Sama sy juga ada bengkak.. Kt dokter akan membaik...

      Delete
  72. Ya allah sy jg menderita wasir dan skrg lg kambuh skit nya,pengen operasi tp msh blm siap mental 😥😥😥

    ReplyDelete
  73. Bismillah... Saya jg berencana mau op, tp kasus saya berbeda. Saya habis melahirkan normal 22 feb dgn jahitan 8 n kebetulan saya punya ambeien yg sebelumnya tdk mengganggu. Karena dibuat mengejan, mgkn ambeien nya jd panjang keluarnya, nah setelah itu pasca melahirkan 40 hari lbh saya msh merasakan sakit di area (maaf) anus, vagina dan tmpt bak, karena gak nyaman, saya suruh suami saya mengecek dan di foto, setelah dilihat, ternyata jahitan nya bagus tp kok ada yg ganjal dr foto nya, kemudian saya raba anus saya, saya merasakan msh ada benjolan di sana tp kok arah nya ke lubang dekat vagina, ternyata ambeien saya terjahit bersama jahitan pasca lahiran, astaghfirullah... Rasanya kayak gak percaya, lgsg saya dtg ke puskesmas tmpt saya melahirkan, baru hari ni mau ketemu dokter umumnya, gak kebayang ngerasain sakit pasca op wasir sekaligus jahitan kemaluan saya, karna benang nya sudah menyatu sm daging, berarti mau gak mau harus di ulang lg semuanya, ya Allah semoga aku kuat n lekas sembuh, karna aku jg ASIX untuk baby, kesian baby ku ditinggal op sementara nanti.minta doanya ya tmn2, smoga saya kuat n berjalan lancar... Aamiin

    ReplyDelete
  74. Bagi yang takut Operasi Wasir, saran saya pakai metode HAL-RAR, tidak sesakit jika di bedah. Saya wasir stadium 3, dan sekarang sudah minggu kedua pasca operasi. sudah jauh lebih baik. tidak terlalu sakit, cuma nyeri biasa. sakit sedikit saat BAB karena bekas jahitan HAL-RAR. untuk tahu metode nya seperti apa bisa di cek di Google atau Youtube.

    ReplyDelete
  75. Hai mb atin
    Saya juga mau share pengalaman saya operasi hemoroid.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih buat mb atun dan teman2 yang share di sini. Karena saya berani melakukan operasi juga krn liat blog ini n baca komen2nya. Berkali2 sy buka blog ini untuk memantapkan diri.
    Karena untuk teman2 disekitar saya menghimbau kalo bisa diobati jangan operasi. Dan akhirnya tgl 4 april sy ditelp dr rs untuk rawat inap dulu sebelum dioperasi. Tgl 5 april jam 7 pagi saya masuk operasi yg sebelumnya jam 12 saya disuruh puasa tp sy tidak seperti bbrp pengalaman sebelumnya yg perutnya dibersihkan dulu atau dikasih pencahar. Jam 7 masuk sy masih antri di dalam smbil dengerin qiroah krn sy msk rs islam. Setelah pasien 1 selesai sy mulai untuk persiapan operasi. Sy disuntik bius lewat punggung blkng, alhamdulillah gak skit. Setelah sm skli gak terasa br dimulai operasi. Sekitar 30 mnit selesai operasi ternyata cpt. Dan jam 9 sy kluar dr ruang operasi. Tidak terasa nyeri sm skali. Nyeri trasa sekitar jam 7 dan lumayan waw gak bisa tdr smp jam 12, tp msh bisa ditahan. Setelah itu nyeri tp lmyn berkurang. Tgl 6 hbis maghrib kt dokter sdh boleh plg. Setelah itu nyeri2 biasa dirasakan tp krn diberi obt pereda nyeri jd tdk terlalu terasa nyerinya. Nah yg jd mslh setelah itu gk bisa bab selama 7 hr. Itu yg buat mlm kdg susah tdr mules tp gak kluar. Akhirnya tgl 11 kontrol dan sy bilang sm dokter susah bab (oww ya sy gk brani mkn2 bnyk2). Dr situ sy diberi resep obat pencahar, alhamdulillah. Dan 11 april mlm sy bisa tdr lmyn nyenyak walau obat pencahar bereaksi tp kog blm kluar2 krn sy pernah minum obt seperti ini bbrp jam setelahnya krasa pengen bab dan bab cair. Dan ternyata jam 6.15 hr ini mules bgt perut pngn bab. Di km cuma mringis2 krn lmyn skit tp nekat drpd gak bisa tdr. Lumayan lama smpe jam 7 lbh bru kluar km dengan pandangan kunang hmpir pingsan mgkn krn klmaan jongkok. Semoga setelah ini dpt bab lncr dan segera smbuh krn sdh pengen beraktivitas seperti biasa.

    ReplyDelete
  76. Mba atin saya sudah 2 minggu operasi wasir, masalahnya sama bab jd gak plong dan gak nikmat krn hanya bs keluar sedikit2 sampe skr. Yg saya mau tanya mba skr bab sudah normal kah? Saya operasi disaat saya hamil 4 bulan, jd kebayang kan saya ga bs minum berbagai jenis obat yg bs membantu meredakan sakit krn dapat membahayakan kandungan saya. Tp setelah 2 minggu pasca operasi sih saya udh bs aktifitas, msh sakit tp bs saya tahan. Paling msh kerasa sakit bgtnya saat bab dan setelah bab saja. Mohon infonya mba atin, apakah bab udh bs normal kembali, elastisitas anus sudah normalkah? Brp lama kira2 sampe bs bab dgn lancar jaya? Soalnya kok saya ketakutan terkena stenosis. Klo boleh minta no wa dong mba. Krn saya udh ga pake aplikasi fb ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bab saya sudah normal dari sejak 3 bulanan op itupun karena saya menjalani diet FC, kalo tidak hampir tiap hari saya minum pencahar.
      elastisitas anus beberapa minggu juga sudah baik kalau saya.
      wa saya 08987376864, pas chat pertama tulis nama blog saya ya mbak biar saya tahu siapa yg chat. Mksh.

      Delete
    2. Saya boleh nnya" mba lwat wa soal ya saya abis op juga baru seminggu yg lalu..

      Delete
    3. via DM IG saja mas @atiningtyas

      Delete
  77. Numpang komen mba Ati, Seru2 pengalamannya, sy tgl 24 maret 2018 operasi hemo internal stad 3, keluhan yg umum sama saja, stenosis penyempitan anus, jd susah BAB, biasanya terjadi 2mingguan stlh operasi, ngeden sengeden2nya, keluar cm dikit, usaha ga sebanding hasil, tp ya ttp disyukuri yg penting bs keluar, obat wajib kalium diclofenac sdh abis ampir 100tab, ini msh nyetok 100tab lg, pencahar sy pake jenis glycerin pake jk perlu saja, semoga kita semua disembuhkan, diberi kemudahan dan diangkat semua rasa sakitnya, aamiin

    ReplyDelete
  78. Saya sudah 20tahun ambeien. Rasanya sudah mulai stadium 4 karena hari ini benjolannya gak bisa dimasukin paksa pakai jari. (Biasanya bisa). Tersiksa. Mau operasi masih belum siap mental

    ReplyDelete
    Replies
    1. operasi nya mendingan pake alat HAL RAR, jadi pembuluh darah kita di ikat, tidak ada proses pemotonga hemoroid, masa penyembuhan lebih cepat, coba lihat di youtobe operasi hemoroid HAL RAR

      Delete
  79. ass mbak tyas,, sya mau tanya apa setelah operasi 5 blan apa mbak tyas msih BAB keluar darah? saya jadi parno klo darah keluar,, soalnya ini penyakit yg sangat horor,, sya operasi blan 27,11,2017. bru2 ini sya BAB berdarah lgi jdi horor rasanya klo bgini lgi. mohon jwabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampai feses keras mba, biasanya yg buat berdarah itu karena feses keras. kalo saya keluar darah cuma sekitar semingguan pasca op.

      Delete
  80. Assalamualaikum mba ati :)
    Mba mau tanya, pasca op hemoroid apa pernah merasakan bab yang super sulit dan setelah bab rasanya sakit sekali.
    Saya operasi bulan Desember 2017, pemulihan hampir mirip dgn temen-temen yg lain. Alhamdulillah setelah operasai BAB lancar setiap hari tanpa kendala. Tp setelah operasi di sekitar (maaf) anus ada seperti benjolan gt,
    tp kata dokter itu bukan wasir/ambeien, hanya seperti dageng biasa. Dan sebulan terakhir ini bbrp kali BAB rasanya sulit sekali keluarnya, dan setalah BAB benjolan di sekitar anus tsb seperti bengkak.
    Saya sudah kontrol ke dokter yg menangani saya operasi, katanya tidak ada lagi wasir tp kenapa rasanya sakit seperti ini ya. Mba ati atau teman2 yang lain apa punya pengalaman yg sama dengan saya?

    Terima kasih sebelumnya, semoga kita semua sehat selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu mba kalau kasusnya begitu. saya sudah 1 tahun lebih alhamdulillah gak ada masalah lagi yg muncul

      Delete
  81. Mbak saya mau tanya, setelah saya 2 minggu pasca operasi, saya BAB dan keluar darah lagi. Apa itu normal?
    Padahal kemaren kemaren gak sampek keluar darah. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya keras mungkin jadi berdarah. usahakan jangan sampai feses keras

      Delete
  82. Mbak saya mau tanya, setelah saya 2 minggu pasca operasi, saya BAB dan keluar darah lagi. Apa itu normal?
    Padahal kemaren kemaren gak sampek keluar darah. Terimakasih.

    ReplyDelete
  83. Biar lukanya cepet kering pasca operasi gmna mbak?
    Trus pulih total kira2 perlu waktu berapa lama?
    Saya baru aja habis oprasi ambeien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya pake cairan PK mba/mas.
      saya pulih total sebulan lebih

      Delete
  84. Saya share pasca operasi wasir boleh yaaa
    Sblmnya saya berterimakasih sama mbak aningtyas. Karena tlisan di blog ini juga saya berani dioperasi.
    Saya operasi tanggal 2 juli 2018. Tggl 1 saya diinfus. Jam 12 malam saya puasa. Bsknya tanggal 2 jam 10 pagi sy dioperasi. Kebetulan saya dibius 2x yg pertama spinal yg kedua total. Bius spinal yg untuk stgh bdn ga mempan untuk saya. Saya ga tau beres operasi jam brp. Sy keluar ruang pem7liahn jam 2 siang. Pasca op biasa aja karena efek obat bius. sekitar magrib mulai kerasa panas di tmpt yg dioperasi. Daaaannn lama kelamaan efek pasca operasi terasa semua. Panas, ngilu, perih,nyut nyutan.semua terasa sangaaaaatttttt menyiksa. Sya tidak bisa tidur sampai paginya krn menahan sakit. Kebetulan obat pereda nyeri sepertinya ga ada efeknya untuk saya pd saat itu. Bsknya jam 11 pagi saya belajar duduk dan jalan krn mau lepas tampon. Dan pas jam 12 sya lepas tampon dibantu perawat di wc krn sblmnya (maaf)bokong saya direndamsupaya tampin lbh lunak.pas tampon dilepas saya keluar keringet dingin. Tapi stelahnya lbh lega. Malemnya saya pulang ke rumah. Sampai skr 4 juli saya baru bisa tidur nyenyak di rumah. Tapi kebetulan blm bisa BAB. Mungkin krn sy blm berani makan.
    Alhamdulillah skr jauh lbh baik walaupun msh minum susu ensure dr rmh sakit dan blm berani makan krn takut BAB

    ReplyDelete
  85. Mksh ya mbak ceritanya.. Semoga mbak di beri kesehatan sama yang d atas

    ReplyDelete
  86. Mbak terima kasih banyak atas postingan ini

    ReplyDelete
  87. Apa semua operasi wasir dg segala metode berisiko penyempitan anus, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan begitu mba tapi gak berlangsung lama kok

      Delete
  88. Wiwit Novita Sari5 August 2018 at 06:51

    Saya juga baru operasi hemoroid tanggal 31 Juli 2018 mba at, sekarang Hari 5 pasca operasi Bab msh terasa perih walaupun tdk sesakit yg pertama. Saya diet FC hanya pagi sarapan buah ckp membantu walau msh pakai pelunak feces. Semoga semakin Hari semakin baik. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga semakin membaik dan gak ada keluhan lain ya mba. aamiin

      Delete
  89. Insyaallah saya juga mau oprasi, monta doanya yg kawan2 agar berjalan lancar dan cepet sembuhnya. InsyaAllah nanti aku share di sini pengalaman ku..
    Sebetulnya satu tahun yg lalu dokter sudah menfonis aku stadium 3 dan suruh operasi, tapi aku g berani kadatanya oprasi wasir sama orang melahirkan tetep sakit oprasi wasir, sama aku juga baru sibuk kuliah waktu itu masih bingung mau atur jadwal untuk operasi.. Dan ternyata itu kesalahan, karna selama satu tahun ini wasir q sering kambuh, walau kalau sakitnya bisa di hitung cmn beberapa kali aj ngrasain sakit. Tapi sakitnya pasti berhari hari kalau saya pas kena diare..
    Dan saat aku tulis ini aku baru kena diare dan wasir ku kambuh, sumpah sakit bgt waktu bab walau kluar cairan tapi sehari karna kna diare bisa 4-5x BAB dan rasanya WAWW..
    Maka dari itu saya tekatkan untuk bulan ini untuk oprasi wasir,...

    ReplyDelete
  90. Saya juga menderita penyakit ambeien mba, saya sekarang ini sedang melakukan pengobatan dgn metode alternatif mba , kebetulan saya tinggal di Pekanbaru, ada pengobatan khusus ambeien gitu, hanya dengan salep yg diberikan oleh orang pengobatannya lalu selama 10 hari ambeien itu kering sendiri. Alhamdulillah saya sudah di hari ke-5 dimana Puncak obat salep ini bereaksi. Selama 10 hari itu kita harus rutin datang ke tempat pengobatan nya mba, lalu sejauh ini ambeien saya keluar semua lalu berangsur mengering hingga mengeras seperti kulit mati . Hingga hari ke-7 nanti insyaaAllaah ambeien itu akan lepas sendiri mba. Alhamdulillah sudah banyak juga yg berobat disini dan termasuk saya pun juga mulai merasakannya .Dan tanpa operasi dan efek samping setelah itu inshaaallah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tau kak? Ambeien nya stadium berapa? Saya juga takut mau operasi, sama apakah biaya pengobatan alternatif lebih terjangkau daripada biaya operasi? Terimakasih

      Delete
  91. saya udah 1 minggu paska op hemoroid n pertama kali bab kok susah kluar ya, pdahal udah dpt obat pencahar tp g mempan , apakah boleh menambah obat pencahar dr warung kek vegeta...? mohon solusinya ya

    ReplyDelete