Wednesday 15 March 2017

Beda Taste Antar Sosmed

Beda Taste Antar Sosmed

Sosial media/media sosial/sosmed sudah menjadi bagian penting dalam hidup orang jaman sekarang.

Dari anak SD sampai nenek-nenek semua punya sosmed, minimal 1 macam.

Masing-masing sosmed punya ciri khas, dan semuanya juga menimbulkan taste yang berbeda untuk penggunanya. Ada yang keren, menyebalkan, bikin pusing, dan lain-lain.

Berikut saya tuliskan beberapa sosmed dengan masing-masing taste yang saya rasakan subjektif dari hati saya, bukan dari pendapat orang-orang.

Facebook
Sosmed sealam semesta yang sudah ada sejak 2004 ini menjadi sosmed dengan pengguna terbanyak. Sosmed ini buat saya pribadi mengalami pasang surut sesuai perkembangan hidup saya. Halah..


Saat kita membuka FB, dipastikan kita harus berdamai dengan banyaknya hal tidak penting yang di share oleh penggunanya. Terlebih saya yang mempunyai teman full add, ribuan follower, yang sebagian besar tidak saya kenal. Semua itu karena saya buka lapak di FB.

Status-status tidak penting seperti :

“mau makan apa ya?”

“Duuh ayah ga pulang-pulang sih?”

“Bangun tidur kok laper.”

“Mau bikin status apa ya?” (astaga..!)

“Eh dasar cewek br*****k beraninya ngomong dibelakang, coba sini kalo berani!” (padahal dia tidak nge-tag siapapun, jadi si cewek itu sapa?? Aneh)

Dan masssiih banyak lagi status tidak penting yang rasanya harus mereka bagi dengan dunia. Maybe mereka tidak punya seseorang yang bisa diajak ngobrol mungkin. Kesian ya hahaha..

Foto asal-asalan yang di upload sampe ratusan sering juga kita temui.

Ya siih upload foto begitu bisa dijadikan memorabilia, ataupun album online yang bisa kita lihat sewaktu-waktu, tapi apakah semua harus dishare?

Kebanyakan foto yang dishare di FB adalah foto asal jepret yang kadang bikin kita sakit mata. Seperti foto makanan yang sudah dimakan separo, tampak acak-acakan bikin jijik. (kenapa gak pas masih utuh saja fotonya?)

Foto korban kecelakaan yang tampak mengerikan. (saya benar-benar tidak suka dengan hal ini, bayangkan jika korban kecelakaan itu keluarga kita)

Foto-foto ngeblur ga jelas yang membuat kita bertanya dalam hati, dia pake hape apasih haha...

Dan sekarang yang sedang marak-maraknya yaitu nge-share berita/artikel yang belum jelas juntrungannya. Membuat kita lebih percaya pada FB daripada kenyataan yang ada. Membuat kita buta hati dan buta pikiran. Menelan mentah-mentah tanpa dikunyah.

Oleh karena hal tersebut diatas, saya rada malas untuk Facebookan, yang saya rasakan sekarang adalah lebih banyak gak pentingnya. Hanya beberapa hal saja yang masih saya bagi, semisal lagi pengen sombong (haha..), lagi pengen kelihatan eksis (sebagai K-drama lovers n K-popers, hueks!), dan ada sesuatu yang harus saya bagi.

Instagram

Sosmed satu ini menjadi sosmed yang paling saya gemari, sukai, dan penting menurut saya.

Kenapa?

Karena saya hanya follow 82 akun, dimana semua akun tersebut adalah akun yang benar-benar ingin saya liat postingannya. Jadi jangan suruh saya polbek (sombong bet sih haha..)

Dasarnya saya suka sekali melihat foto-foto keren yang tidak bikin sakit mata, foto yang menginspirasi, foto yang tidak menimbulkan perasaan iri, perasaan tersaingi, dan perasaan-perasaan jelek lain.

Karena di IG semua orang berlomba untuk tampil semaksimal mungkin (khusus untuk following saya, gak tau deh kalo yang lain gimana).

Makan di restoran, jalan-jalan ke tempat2 kece, ootd, food photography, lifestyle, teman-teman dekat, saya mencintai 82 akun itu.

Kalaupun saya ingin melihat lebih, tinggal klik saja explore, dijamin pengen scroll terus deh, karena yang muncul di explore adalah yang dekat dengan interest kita.

Tidak akan saya temui foto-foto alay, menjijikkan, ataupun blur di explore saya. (kalaupun ada mungkin saya sedang tidak beruntung)

IG juga penting karena masih saya jadikan ajang eksis, saya bakal share foto keren saya (jare dewek haha..) dengan caption yang seringnya tidak seadanya.

Pokoknya IG adalah sosmed terkeren untuk saya.

Oya, IG saya @atiningtyas, just click FOLLOW button haha..

You Tube

Ini sosmed yang bikin nyandu, gimana tidak? Kita bisa mendengarkan musik dari penyanyi favorit sambil menulis tulisan gak jelas ini tanpa perlu beli CD nya. Legal, aman, dan kualitasnya keren.

Vlog-vlog keren yang bikin kita pengen terus melihat setiap post nya, seperti channel SKL (Seonkyoung Longest) yang bikin kita ngiler.

Agung Hapsah yang bikin saya berasa tua banget.

Dan video favorit sepanjang masa saya adalah videonya Song Triplets, dari jaman mereka bayi sampai video terakhir mereka di The Return of Superman Kids semua sudah saya tonton. Saya adore banget sama Daehan, Minguk, dan Manse, menurut saya, mereka adalah anak ter-lucu, ter-gemay, dan ter-unch sedunia! (Yes, i don’t have kids yet)

Kita juga bisa melihat berbagai tutorial, ide2 DIY, tips2, dan masih banyak hal positif lain yang bisa didapat dari You Tube.

Twitter

Sekarang saya sudah vakum dari Twitter, sampai sekarang saya belum ngerti sebenarnya apasih enaknya Twitteran? (mungkin saya terlalu kuno). Tapi jujur memang sampai sekarang saya belum nemu jawabannya.

Selain untuk share postingan blog saya, saya sudah tidak buka Twitter lagi, pusing liat nya, apa yang mau dibaca? Sedetik sekali post, retweet, mbuh ah mumet. Hahaa...

Kata-kata di Twitter juga bisa sangat kasar, semisal me-reply tweet seseorang, dengan seenak udel bisa kita tulis apapun disitu. Soo... apa pentingnya?

Path

Sosmed ini juga sosmed yang sudah saya pensiunkan. Kenapa? Ga suka, saya bukan siapa-siapa di Path, lebih banyak mudhorotnya daripada manfaatnya. Apaan sih? Haha...

Iyaa... karena gimana ya, sepertinya orang-orang di Path itu berlomba-lomba untuk show off.

Karena mungkin orang-orang di Path itu terbatas dan saya bukan seseorang keren yang postingannya bakal dikasih lope2 jadi saya pensiunkan Path. Oya alasan lain saya pensiun adalah Path itu lola, apa karena hape saya kurang keren or koneksi data yang kurang kuat, embuh deh.

Whatsapp

Aplikasi sosmed chat yang paling saya suka adalah WA. Simpel, praktis, ga neko-neko. Udah itu saja.

BBM

Baru-baru ini saya instal lagi aplikasi ini, sebelumnya berbulan-bulan sudah hilang dari peredaran karena sering eror. Males saya, males juga karena kebanyakan kontak sudah tidak aktif.

Nama-nama aneh yang sering ganti, membuat kita susah mencari kontak yang kita inginkan juga bikin saya males.

Tapi tetap saya butuhkan berkaitan dengan olshop yang masih kadang-kadang saya jalankan. (malesnya ga ilang2 padahal butuh duit juga haha..)

Pinterest
Sosmed ini juaraa lah dalam memberikan ide, kayaknya gak ada yang jelek di Pinterest. Semua keren!! Udah itu aja. :D


Itulah beberapa sosmed dengan masing-masing taste nya untuk saya pribadi.

Mungkin bagi sebagian orang Facebook itu keren banget, kalo gak nge-Tweet kayaknya jari kesemutan, atau IG apaan sih? Semua tergantung pribadi kalian.

Bijaksana dalam menggunakan sosmed menjadi hal penting, kira-kira manakah yang lebih berat, manfaat atau mudhorotnya?


Thanks for reading. See you...




2 comments:

  1. Hihihi.. ternyata sama perasaan kita terhadap beberapa sosial media tersebut diatas. Saya juga paling suka dengan instagram dan pinterest untuk sumber inspirasi, dengan youtube terutama untuk cari tutorial2, dan whatsapp untuk komunikasi dengan keluarga dan teman. Yang paling males adalah buka facebook :D
    Blognya menarik, mampir kesini karena nyari informasi tentang pendidikan, akhirnya malah baca2 juga postingan yang lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik jadi ada yang merasakan perasaan hal yang sama. Terimakasih dengan kata "menarik" nya hihi... Semoga mampir lagi.
      salam kenal yaa

      Delete