Saturday 5 July 2008

Menghijaukan Kembali Tanah yang Gundul

Menghijaukan kembali tanah yang gundul, artinya menanami kembali daerah yang gundul dengan pohon-pohon baru! Gundulnya hutan bisa karena ulah manusia, bisa karena bencana alam. Menebang tanpa perhitungan, tanpa menanaminya kembali dengan pohon baru, itu gundul karena ulah manusia.

Tanah hutan yang gundul itu perlu ditanami pohon kembali. Karena kita tahu, hutan yang penuh pepohonan itu bisa sebagai paru-paru Bumi. Menghasilkan oksigen dan menyejukkan Bumi. Berarti mengurangi PEMANASAN PERMUKAAN BUMI atau PEMANASAN GLOBAL.

Ada lagi manfaat hutan. Hutan melakukan peresapan air. Dengan adanya hutan, sebagian air hujan tertahan di tanah di bawah pohon. Akar-akar pepohonan hutan menahan tanah agar tidak erosi atau tergerus oleh air hujan. Jadi sebenarnya hutan juga mencegah banjir.

Maka betapa pentingnya menjaga hutan kita. Tidak menebanginya sembarangan. Kalau kita melihat hutan gundul, segera kita tanami kembali! Kita mulai dengan yang bisa kita lakukan. Menanam pohon-pohon di kebun atau di pot-pot dan belajar menyayanginya.

No comments:

Post a Comment