Saturday 5 July 2008

POHON PABRIK OKSIGEN

Di dalam sebuah pohon, ada sebuah pabrik yang sangaaaaat besar! Pabrik itu menghasilkan sesuatu yang sangaaaaat …penting! Wups, apa tuh? Buah? Kayu? Daun? Eh, bukan cuma itu, tapi juga…. oksigen!

v Kenapa sih pohon disebut pabrik oksigen? Sebab, pohon memiliki klorofil. Hmmm…tahu kan, apa itu klorofil? Itu tuh, zat hijau daun! Hampir semua tumbuhan memiliki zat ini. Di siang hari, klorofil yang berada di dalam daun menyerap sinar matahari. Sinar matahari itu kemudian dimasak atau diolah menjadi makanan. Proses itu disebut fotosintesis. Nah, pada saat itulah pohon menghasilkan oksigen!

v Oksigen yang dihasilkan pohon kemudian akan dihirup oleh hewan dan manusia. Coba kita tarik napas dalam-dalam. Sruuut….sruut! lalu pandanglah pohon-pohon yang berada di sekitar kita. Pohon-pohon itulah yang berjasa menyumbangkan oksigen gratis untuk kita.

Hitung-hitung dan pikir-pikir, deh :

1 pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen per hari.

1 orang membutuhkan 0,5 kg oksigen per hari.

Itu berarti, 1 pohon berguna untuk bernafas 2 orang setiap hari.

Hmmm, jadi menebang 1 pohon sama saja dengan menghilangkan sumber oksigen untuk 2 orang. Bayangkan kalau semua pohon ditebang, hiyyy…bagaimana dengan nasib makhluk hidup seperti kita?

Cloud Callout: Pohon bisa mengurangi kekuatan angin sampai 75-80 %. Wow, pohon juga bisa melindungi kita dari bahaya angin besar!


v Pohon bisa menyaring debu dan menyerap racun di udara. Racun itu misalnya karbondioksida (CO2) yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor.

Bayangkan ini!

1 acre hutan (hampir seluas lapangan sepak bola) bisa menyerap karbondioksida dari mobil yang berjalan sejauh 41.843 km (hampir 4 kali jarak antara Sabang-Merauke). Ck..ck..boleh dibilang, hutan itu seperti penyedot debu raksasa. Penyedot debu yang akan menyerap racun dan polusi udara di muka bumi.




Manfaat pohon lainnya?

Wuaah, masih buaaaanyak….lagi! pohon bisa menyerap air hujan sehingga pada musim kemarau kita tidak kekeringan. Pohon bisa mengikat tanah sehingga mencegah terjadinya erosi atau tanah longsor. Pohon menjaga kesuburan tanah. Pohon merupakan tempat hidup beraneka ragam jenis satwa. Duuuuuuh…..pokoknya pohon itu sangaaat…berjasa! Karena itu, sudah saatnya deh, kita balas kebaikan pohon. Caranya, sayangi pohon dengan melindungi kelestariannya!





Sumber : Majalah BOBO

No comments:

Post a Comment