Wednesday 19 May 2010

Wisata Pantai, Apakah Bisa Menjadi Andalan?


Laut terhampar luas di tepian Indramayu, suatu potensi pariwisata yang sangat potensial. Pantai Indramayu tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai Marina Ancol seandainya saja pemerintah daerah mau serius dalam mengelolanya. Menjadikan pantai sebagai tujuan wisata utama di Indramayu agaknya perlu niat yang matang. Niat yang matang tentunya memerlukan sokongan dana yang tidak sedikit, dan bagaimana caranya agar ada investor yang mau menginvestasikan modalnya untuk membangun kawasan wisata pantai di Indramayu?

Tugas pemerintah daerah untuk memikirkan bagaimana cara agar potensi itu dapat dimaksimalkan. Tengoklah daerah yang dekat saja dengan Indramayu di jalur pantura, seperti Tegal dengan dua pantai yang menjadi andalan pariwisata mereka yaitu Pantai Purwahamba Indah dan Pantai Alam Indah yang baru-baru ini melengkapi fasilitasnya dengan waterboom dan monumen Bahari, atau sedikit ke arah timur yaitu di kabupaten Pemalang, terdapat pantai Widuri yang telah dilengkapi dengan Waterboom, arena outbond, dan banyak fasilitas lainnya. Tidak seperti pantai Balongan, Tirtamaya, atau Glayem yang seperti teronggok saja tanpa ada polesan.

Kenyataan itu menjadikan Indramayu menjadi sangat membosankan, kontras dengan Cirebon yang hanya berjarak puluhan kilometer saja. Agaknya apabila ingin menghilangkan penat kita harus keluar kota karena di dalam kota tidak ada tempat yang bisa dikunjungi, demikian pemikiran beberapa orang.

Sekali lagi, banyak sekali PR yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah Indramayu agar Indramayu dapat menjadi daerah dengan tujuan wisata yang tak kalah dengan daerah lain karena Indramayu mempunyai banyak sekali potensi wisata yang dapat dikembangkan.

No comments:

Post a Comment