Wednesday 19 May 2010

Suatu Hari yang Kering

Suatu hari seorang guru muda tengah duduk di bis kota, disamping tempat dia duduk terdapat anak lelaki masih mengenakan seragam SMP tengah asik menghisap sebatang rokok tanpa mempedulikan apapun. Spontan guru muda tersebut langsung menegurnya dengan lembut, “Mas, bisa matikan rokoknya nggak? Kamu masih pakai seragam sekolah,” Tanpa reaksi apapun anak SMP tersebut terus saja memegang rokoknya, dia hanya menaruh rokoknya di belakang badannya. Dalam hati guru tersebut mengira anak SMP itu akan mematikan rokok dan membuangnya, ternyata dugaannya salah, anak SMP itu masih saja memegang rokok dan malah menghisapnya tanpa rasa malu sedikitpun.

“Astaghfirullah….” desis guru muda.

“Kamu sekolah dimana? Tahu tidak kamu telah memalukan nama sekolah kamu sendiri dengan sikap kamu yang seperti itu.” Tanyanya sambil melihat bet sekolah di lengan baju sebelah kanan anak SMP itu. Ternyata dia anak MTS Negeri.

Tahu tidak apa yang terjadi selanjutnya?

Anak SMP itu terus saja merokok tanpa menjawab satu patah katapun! Sampai akhirnya guru muda itu turun dari bis kota.

Merenunglah kita… Sebenarnya siapa yang salah? Guru muda itu adalah saya, dan rasanya saya ingin menangis. Tolong kami para pendidik, tolong kami untuk memperbaiki moral anak-anak di sekitar Anda.

No comments:

Post a Comment