Monday 8 April 2019

PULAU HARAPAN KEP. SERIBU * HOW TO GET THERE * TIPS LIBURAN KE PULAU * YANG BOLEH DAN GAK BOLEH


PULAU HARAPAN KEPULAUAN SERIBU 2 HARI 1 MALAM
* HOW TO GET THERE
* TIPS LIBURAN KE PULAU
* YANG BOLEH DAN GAK BOLEH

Hai hai semua apa kabar pembaca tercintaku, akhirnya kita ketemu lagi yah setelah mungkin 5 bulan saya tak menulis.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman berlibur ke Kepulauan Seribu Jakarta. Oleh karena ini pertama kalinya saya berlibur kesana, saya pun sering sekali mencari informasi seputar berlibur ke pulau, mulai dari transportasi, keperluan yang dibutuhkan, kegiatan selama disana, sampai mau pake baju apa juga saya search hehe..

Yuk langsung lanjut baca…


* HOW TO GET THERE

Yap,kali ini saya mengunjungi Pulau Harapan (bukan Tidung, Pari, atau lainnya) dan saya berangkat dari Muara Angke.

Ada beberapa macam cara yang bisa kalian pilih untuk menuju pulau Seribu, yaitu :


  •         Berangkat dari Muara Angke dan naik kapal tradisional dengan tiket            per 30 Maret 2019 sebesar Rp 62.000/orang
  •         Berangkat dari Marina Ancol dan naik speedboat
  •         Berangkat dari pelabuhan Sunda Kelapa dan naik kapal PELNI


Untuk lebih jelasnya kalian bisa klik disini


Saya pilih Muara Angke sebagai tempat keberangkatan jadi saya naik kapal tradisional.

Sebelumnya saya khawatir sekali bakal kayak apa kapalnya, takut mabuk laut, takut ini takut itu dan ternyataaa semua kekhawatiran saya tidak terbukti satupun!

Kapalnya lumayan nyaman untuk ukuran saya. Ada warung kecil yang berjualan kopi, Pop Mie, dll, toilet, TV, kipas angin, jaket pelampung, tempat duduk kursi di dalam, lesehan di atas, dan tentunya kita bisa duduk di bagian hulu dan hilir kapal.



Ombak? Tidak kerasa kok, sama saja kayak naik kendaraan di darat.
Angin? Santai saja, anginnya sepoi-sepoi gak bikin masuk angin.

Jadi intinya naik kapal ke pulau Harapan dari Muara Angke aman dan nyaman.
Oya saya naik kapal Garuda Express pulau Harapan.

Perhatikan jam keberangkatannya ya gais, jam 7 pagi kalian harus sudah berada di pelabuhan Kaliadem.

Kalian bisa sarapan disana, banyak sekali penjual makanan, nasi, bubur, soto, dll. 
Dan saya merasakan pelabuhannya juga nyaman.

Sebelumnya saya khawatir bakal menemui pelabuhan kotor, bau, becek, dan sebagainya. Ternyata, sekali lagi, kekhawatiran saya tidak terbukti! 

Yaaa sama saja kayak terminal lah, kotornya wajar dan tidak bau, malah bau masakan yang menggugah selera hehe… 

Kapal berangkat pukul 9, tapi ingat jangan datang pas jam 9 apalagi yang memakai jasa travel guide open trip macam saya, bisa-bisa ditinggal tanpa uang refund. Pokoknya jam 7 harus sudah sampai.

Perjalanan ditempuh sekitar 3 jam.

Sampai di  pulau Harapan kalian bisa istirahat dan makan siang dulu baru kemudian berkegiatan.

(details kegiatan selama di Pulau Harapan klik disini)

* TIPS LIBURAN KE PULAU

Buat kalian yang belum pernah liburan ke pulau apalagi sampai menginap seperti saya, saya kasih lah beberapa tips yang semoga membantu kelancaran liburan kalian.

1.       Sedia obat-obatan
Bagi kalian yang fisiknya mungkin agak lemah, seperti gampang masuk angin, mabuk laut, dll kalian harus sedia obat-obatan sendiri.

Dan kalau kalian alergi seafood ya jangan makan seafood atau bawalah obat alergi kalian karena akan ada BBQ party kalau kalian memakai jasa travel guide.

Obat juga diperlukan barangkali kalian lecet-lecet pas snorkeling atau pas jalan-jalan di pantai karena karangnya lumayan tajam.

Tips dari saya sih, pakailah sandal untuk meminimalisir luka. Saat saya snorkeling pun saya tetap memakai sandal, kebetulan saya pakai sandal gunung yang gak akan lepas kena ombak hehe…

2.       Pilih pakaian nyaman dan bawa pakaian secukupnya
Ingat gaiss kalian mau ke pulau bukan ke mall, pakai pakaian yang nyaman saja.

Kebanyakan sih malah pakai kaos dan celana pendek selama disana karena kegiatan yang dilakukan gak akan jauh dari air.

Buat kalian yang berhijab pakai saja pakaian two pieces yang berbahan lentur dan cepat kering.

Waktu itu saya pakai atasan dan celana jogger bahan katun stretch.
Ingat untuk memakai pakaian dengan warna yang gak akan njeplak pas kena air. Selain saru pasti juga akan buat kita gak nyaman.

3.       Snorkeling pas datang bulan? Bisa gak ya?
Jawabannya adalah bisa asal tidak dalam keadaan terlalu deras. Masalah keamanan sih aman saja, gak ada hiu kok hehe…

Kebetulan waktu itu saya juga sedang datang bulan tapi tetap snorkeling dan kita bisa mengganti pembalut pas transit ke pulau lain.

4.       Bawa kamera apa?
Kamera HP juga cukup, selain kamera HP kebanyakan sih pada bawa mirrorless dan gopro. Dengan gopro kalian bisa merekam dan memotret di dalam air.

Selain gopro, kalian juga bisa pakai kamera HP dengan waterproof yang bisa kalian beli di pelabuhan Kaliadem Muara Angke.

Jarang yang bawa DSLR karena mungkin berat dan besar.
Yaa pokoknya jangan ribetin diri kalian dengan stuffs yang gak terlalu penting.

5.       Pastikan itinerary open trip kalian
Sebelum berkegiatan, pastikan dulu itinerary kepada travel guide kalian karena kalau open trip biasanya ada beberapa pendapat dari kelompok yang berbeda.

Seperti saya nih, saya kelewat 1 lokasi yaitu pulau Perak yang tidak saya kunjungi karena peserta lain menginginkan untuk pulang ke homestay padahal baru jam 4 sore. (tepok jidat)

Walhasil saya jadi tidak mencoba permainan air macam banana boat karena saya tidak tahu ternyata jadwal pulang itu karena peserta lain yang menginginkannya. Rugiii… :(

6.       Jadwal BBQ party
Jadwal BBQ memang agak malam gais, jadi mungkin kalian sudah tepar duluan. Kalau yang ingin bbq-an, kalian harus menunggu sampai jam 9 malam. 

Naah… misalkan kalian pengen bbq lebih cepat, jangan lupa beri tahu pihak travel guide kalian.

7.       Gak bisa renang gimana?
Gak masalah, saya juga gak bisa renang tapi bisa snorkeling kok karena selama snorkeling kita akan memakai jaket pelampung.

Tips nya adalah pastikan kalian bisa mengatur ambil dan buang nafas lewat snorkel.

Sederhana sih tapi pas saya pertama masuk air saya hampir nangis wkkwkk… karena panic belum terbiasa gimana cara nafas lewat snorkel. Setelah tahu dan terbiasa, semua terasa indaaahhh….

8.       Di pulau Harapan ada fasilitas apa saja? Sinyal ponsel gimana?
Di pulau Harapan sekarang sudah ada fasilitas ATM, tapi warung besar sepertinya belum ada, hanya ada warung-warung kecil penjual makanan minuman ringan.

Dan soal provider ponsel, yang paling kuat adalah XL dan Indosat. Saya memakai Tri lumayan bisa WA tapi tidak bisa yang lain (IG, Youtube, dll), untuk Telkomsel kalian harus menuju ke depan kelurahan barulah kalian akan mendapat sinyal Telkomsel.

Mungkin itu saja tips dari saya, semoga bisa membantu yaa…

* YANG BOLEH DAN GAK BOLEH

Yaaa namanya saja kita baru pertama kali ke pulau ya, pasti ada beberapa yang belum kita tahu. 

Berikut saya berikan daftar YES and No selama liburan di pulau.

1.       Jangan sembarangan injak karang pas lagi snorkeling
Selalu tanyakan sama pemandu karang mana yang boleh diinjak dan mana yang gak boleh.
Kita harus selalu jaga kelestarian lingkungan laut ya…



2.       Jangan buang sampah sembarangan of course!!
Jaga kebersihan baik di darat maupun di laut.

3.       Jangan snorkeling terlalu jauh dari pemandu
Apalagi kayak saya yang hampir nangis pas pertama kali masuk air hahaa…

4.       Jangan coba-coba pegang-pegang hewan laut
Waktu itu jari tangan saya kena bulu babi dan kena sirip ikan karena saya coba-coba pegang ikan warna warni menggemaskan hehe…

Kalo bulu babi sih karena saya gak lihat ada doi di samping saya, tapi gapapa sih, cuma pegel sebentar terus dipukul-pukul pakai snorkel ilang deh bulu babi yang masuk ke jari saya.
Selalu ikuti petunjuk pemandu ya gaiss…

5.       Jangan ambil penyu lama-lama hanya untuk berfoto
Kasian gais, apalagi yang masih tukik, mereka lemah lembut banget takut dia kesakitan hehe…

6.       Boleh/bisa atur jadwal itinerary
Konsultasikan saja sama pihak travel, mereka biasanya kasih kelonggaran apalagi kalau kita private trip

Itulah beberapa informasi yang bisa dijadikan panduan kalian selama liburan di pulau khususnya pulau Harapan kepulauan Seribu.

Misalkan ada yang mau nanya-nanya, langsung saja DM ke Instagram saya di @atiningtyas

Saya biasa kok melayani pertanyaan seputar postingan blog saya, so don’t hesitate to reach me. Okay?

See you… Terimakasih sudah baca postingan saya, kalau bisa sih silahkan share ke sosmed kalian haha…


BACA JUGA :
10 DESTINASI WISATA JOGJA DALAM 1 HARI 

1 comment:

  1. Apa yang membuat seorang travel blogger bisa jalan jalan gratis,menjajal lebih dahulu lebih banyak wisata menarik?

    ReplyDelete