Sunday 28 April 2019

10 DESTINASI WISATA JOGJA DALAM 1 HARI


10 DESTINASI WISATA JOGJA DALAM 1 HARI

Siapa yang belum pernah mengunjungi Yogyakarta?

Tentunya sudah banyaak sekali dari kalian yang pernah mengunjungi Jogja, tapi mungkin belum banyak yang bisa mengunjungi 10 destinasi wisata dalam 1 hari, iya kan?

Kemana saja? Bukan cuma pantai ya, tapi pantai plus plus hii…

Lanjut baca yuk…

Saya melakukan perjalanan ini dengan menggunakan motor, nyetir sendiri hehe… (sapa yang nanya?) dan kalau kalian belum tahu dimana tempat-tempatnya, pakai GPS saja gak bakalan nyasar.

1. JURANG TEMBELAN
Destinasi pertama adalah Jurang Tembelan untuk melihat negeri di atas awan. 


Saya sudah pernah mengunjungi Kebun Buah Mangunan dan menurut saya tempat ini lebih asik karena pandangan kita lebih bebas karena tidak ada pepohonan yang menghalangi mata dan lebih sepi daripada di Kebun Buah Mangunan.

Terdapat beberapa spot foto dengan latar belakang kabut putih nan indah.

Kalian disarankan untuk mengunjungi tempat ini pagi-pagi saat kabut masih banyak dan sinar matahari belum bersinar terik.

Start dari kota Jogja sekitar jam 5 pagi lah.

2. Pantai Widodaren




Belum banyak yang tahu pantai satu ini karena kalah pamor dibanding pantai Gunungkidul lainnya. 

Kalau kalian tidak mau terlalu jauh melakukan perjalanan, kalian bisa memilih 5 pantai berikut sebagai destinasi jelajah pantai kalian.

Dimulai dari pantai Widodaren dimana kita bisa menikmati pantai dari ketinggian tebing curam dengan hantaman ombak yang dijamin bikin siapapun berdecak kagum.

Pemandangannya okeee bangett!!

Sekarang pantai ini sudah bisa dijangkau dengan mobil dan saat saya kesana, sedang dibangun beberapa kios, toilet, dll. Ke depan pasti pantai ini bakal banyak pengunjung.

3. Pantai Torohudan

Bersisian dengan pantai Widodaren terdapat pantai kecil dengan hamparan pasir yang lumayan bisa buat bersantai.

Kalian harus berjalan di jalan setapak dari pantai Widodaren.

Sayang sekali saat saya kesana, ombak terlalu besar jadi saya hanya melihat pantai Torohudan dari ketinggian saja.

Oya di pantai Widodaren+Torohudan sepertinya cocok buat nge-camp deh.

4. Pantai Ngobaran



Beranjak sekitar 2-3 km lagi kalian akan menemukan 3 pantai berdekatan yang asik banget pula. 

Dimulai dari pantai Ngobaran yang memiliki ciri khas unik karena di pantai ini terdapat Pura yang membuat kita serasa berada di Bali.



Pantai ini tidak ada hamparan pasir, kita hanya bisa menikmati pemandangan lewat tebing-tebing tinggi.

Tapi kalian bisa berfoto dengan latar belakang batu karang yang menakjubkan.

Fasilitas disini sudah lengkap jadi aman lah urusan logistik hehe…

5. Pantai Nguyahan

Naahh… setelah puas melihat dan menikmati gulungan ombak, batu karang, tebing, dan pura, jalan kakilah sebentar dan kalian akan menemukan surga berupa hamparan pasir putih bersih, sepi, dan bermainlah sepuasnya disitu.

Pantai Nguyahan terletak sekitar 300 meter dari pantai Ngobaran.

Saat saya datang kedua kali ketempat itu, tidak ada orang lain selain saya dan teman-teman saya. Serasa pantai pribadii!


Kami puas bermain pasir dan air, tiduran dibawah batu karang agar terlindung dari panas matahari, minum es kelapa muda, waahhh… Asik bangett!!

Fasilitasnya pun lengkap, ada kamar mandi untuk bilas sehabis main air laut.

6. Pantai Ngrenehan

Puas foto-foto, main air dan sebagainya tentu perut lapar kan?

Beranjaklah menuju pantai Ngrenehan untuk makan siang. Disana terdapat banyak rumah makan dengan hidangan utama berbagai macam seafood.

Dan saat saya makan disana, rasanya benar-benar endeess poll. Kelihatannya sih sederhana, cuma ikan bakar dan cumi cabe ijo tapi ternyata duuhh nikmat sekalii. 

Saya pilih warung yang menghadap langsung ke laut.

Makan dengan pemandangan samudera Hindia, siapa yang bisa menolak kenikmatan ini huh??

Apakah bisa bermain lagi di pantai ini? Bisa.. tapi terdapat banyak kapal nelayan jadi menurut saya tidak terlalu asik untuk main. Tapi untuk foto-foto tetap bisa dong….

7. Gumuk Pasir Parangkusumo

Menuju arah pulang ke kota Jogja, mampir dulu ke tempat fenomenal ini.

Hamparan pasir nan luas nan panas ini cocok sekali untuk berfoto. 

Terdapat banyak spot foto, dan ada pula taman bunga yang kalau dillihat dari atas bentuknya cantiiiik sekali.

Buat kalian yang ingin bermain sandboarding silahkan luangkan waktu lebih lama, tapi pas saya kesana saya hanya foto-foto karena matahari luar biasa panassss.

8. Candi Gembirowati
Saatnya ngadem setelah dipanggang di gumuk pasir.
Sambil menunggu senja untuk melihat sunset, saya menuju sebuah tempat yang belum banyak orang tahu.
cuma tersisa 1 foto ini setelah 350 foto hilang :(

Tempat ini sering disebut candi Gembirowati. Letaknya aduh saya kurang bisa menunjukkan jalannya karena saya cuma ngikut saja hehe.. Pakai GPS deh. Beres.

Disebutkan di papan petunjuk bahwa tempat ini adalah pesanggrahan raja Mataram. Berupa bangunan berundak memanjang dari barat ke timur. Jadi candi ini menghadap ke selatan.

Waktu saya kesana terdapat beberapa sesajen, saya berkesimpulan tempat ini masih digunakan orang untuk beribadah atau bertirakat.

Di belakang bangunan candi ada aliran air yang sangat sejukkk, jadi pengen mandi hehe…

Kemudian saya menghabiskan waktu dengan tiduran di rumput sambil mendengarkan musik.

Oya ada pohon jeruk sambal (jeruk yang ada di sambal lamongan) disana yang berbuah sangat lebattt, saya berhasil memungut seplastik hahaa… Ingat ya, saya memungut bukan memetik. Buah jeruk itu banyak sekali yang sudah jatuh ke tanah.

Jaga kesucian dan kebersihan tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak tertawa terlalu keras, dan tidak untuk m***m :D

9. Bukit Paralayang Watugupit

Setelah lumayan ngadem, saya melanjutkan perjalanan ke lokasi hits untuk melihat sunset.

Sumpah kalau tahu jalan nya ekstrim banget, saya gak bakalan berani bawa motor sendiri. Tanjakannya gila gaes, motor atau mobil harus dalam kondisi prima agar bisa naik dengan mulus.

Tapi setelah berhasil sampai kalian gak bakalan nyesel deh. Kalian akan merasakan pengalaman yang menakjubkan disaat matahari menyentuh cakrawala.

Tidak hanya laut dan langit yang berpadu tapi juga ada bukit, tebing, pantai, es jeruk, mendoan, gebetan, pacar, suami, hahaaa…

Sungguh tempat ini syahdu sekali…


Saat itu saya beruntung duduk di tempat duduk paling pinggir jadi tidak ada pemandangan manusia lain yang menghalangi mata memandang sunset.

Kalian bisa menikmati sunset di tempat landasan paralayang atau di café. Kalau saya sih pilih di café jadi bisa sambil ngemil. Café ini terletak di tepi bukit dengan pemandangan lepas tanpa penghalang apapun untuk memandang sunset.

10. Kampoeng Mataraman
Malam datang saatnya pulang ke kota tapi saya ingin menikmati 1 lagi destinasi asik nan unik di dekat kota Jogja.

traveltodayindonesia.com
Hilang semua foto saya di tempat ini hikss..

Kampoeng Mataraman adalah tempat makan dengan konsep kembali ke jaman Mataram dimana kalian bisa makan dan minum hidangan khas Jawa sekaligus bisa melihat dapur tradisional mereka.

Terdapat tempat makan terbuka dengan 2 joglo yang bisa dipakai untuk gathering, hamparan sawah di bagian belakang, dan bisa pula memainkan permainan tradisional beserta menyewa pakaian tradisional Jawa.

Letak Kampoeng Mataraman adalah di jalan RingRoad Selatan, Jl. Glugo No. 93 Panggungharjo Sewon Bantul.

Waktu itu saya menikmati wedang mataram, bir mataram, gulas aserehe, dan nyemil pisang goreng. Pisang gorengnya sungguh daebak! Noumu mashita! Enak banget! Lebay haha…

Perjalanan saya ditutup dengan sempurna, sungguh… Thank Allah…

Itulah 10 destinasi wisata Jogja dalam 1 hari yang menurut saya gak bakalan bikin kalian  nyesel.

Siapkan kondisi fisik yang prima dan jangan menunda makan karena untuk menyelesaikan 10 tempat ini diperlukan tenaga ekstra.

Jugaa tak kalah penting adalah siapkan kondisi kendaraan yang prima karena perjalanan akan banyak naik turun seperti permainan game hehe… 

Tapi saya menikmati sekali nyetir motor di jalan berliku, naik, turun karena jalannya mulus dan sepi.

Segera rencanakan wisata kalian, Jogja bukan hanya tentang Borobudur (padahal Borobudur juga bukan di Jogja :p) dan Prambanan, banyaaaaaak sekali tempat yang bisa kalian eksplore.

Ketemu lagi di postingan lain ya, terima kasih sudah membaca, jangan lupa untuk like and share yaa…

:* :*

Terima kasih pada orang-orang asik di bawah ini hii..
*Tia saking bahagianya dia sampe pengin nangis hehe.. IG @sintiadiahk
*Onny atas rekomendasinya, TOP abiss. IG @onny_nur_pratama
*Dwiki atas PHP nya hahaa...
*Yuni and the kids atas kesabarannya mewujudkan trip kemauan saya ini hii... IG @zyuniwhy
*My besties yang rahasia gak boleh disebut :D 
*Bapak sponsor atas tambahan uang saku nya :D



4 comments:

  1. Sepuluh tempat wisata di Jogja dalam sehari? Wow, baru tahu saya kalau itu bisa dilakukan. Salut dengan disiplin waktunya (nggak boleh kelamaan di satu destinasi ataupun di jalan ya)

    PS: Bu Guru aktif ngeblog lagi rupanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bangett dan 1 destinasinya tidak terlalu singkat kok, yaaa paling kendalanya kalau banyak peserta trip yang punya macem2 keinginan.

      Saya masih aktif kok, tapi sudah gak terlalu mikirin viewers hehe...
      Makasih sudah komen yaaa :)

      Delete
  2. Wah pemandangannya bagus bagus

    ReplyDelete
  3. Wah pemandangannya bagus bagus

    ReplyDelete