Thursday 1 March 2012

Wisata Kuliner Tegal

Wisata Kuliner Tegal


Aku adalah orang asli Tegal, dan aku bangga karenanya. Orang Tegal dikenal karena keuletannya, kamu bisa menemukan orang Tegal dimana-mana. Hampir semua kota besar di Indonesia terdapat orang Tegal. Kebanyakan diantara mereka mencari nafkah dengan membuka warung makan yang kemudian dikenal dengan WARUNG TEGAL (WARTEG). 
Warung makan dengan beraneka lauk pauk, rasa mantap, dan murah meriah itu sudah terkenal di seantero nusantara. Tapi bukan Warteg yang akan aku bahas dalam postinganku kali ini, melainkan tentang kuliner Tegal yang memang laka-laka.

Jika kamu mengunjungi Tegal, aku merekomendasikan beberapa kuliner di bawah ini, diantaranya adalah :


1.       Soto Tegal
From Instargam @kulinertegal 

Kuliner yang satu ini dijamin tidak akan kamu temukan selain di Tegal. Kuah soto yang biasanya bening atau bersantan, kali ini akan berwarna cokelat kehitam-hitaman, warna itu dihasilkan dari tauco. Bumbu dari kedelai yang difermentasi ini akan memberikan sensasi yang berbeda. Terdapat beberapa varian, ada soto ayam, soto daging sapi, soto babat sapi, dan campuran dari ketiganya.

Warung soto Tegal yang terkenal bernama SOTO SEDAP MALAM BPK. DAAN JENGGOT yang berada di desa Talang kabupaten Tegal. Nyendok maning daging maning (nyendok lagi daging lagi) hehe.. Itu tandanya kalau dalam semangkuk soto terdapat banyak dagingnya. Kebayang nggak tuh?


2.       Sate Tegal
From Instargam @tegal.fnb

Sate kambing memang ada dimana-mana, tapi begitu kamu mengunjungi Tegal dan merasakan sate kambingnya, kamu pasti akan merasakan perbedaan. Perbedaan yang kamu rasakan tentunya adalah enak. Warung sate Tegal yang terkenal karena kelezatannya adalah warung sate Balibul di desa Tuwel-Bojong (arah ke Guci), sate Tirus yang berlokasi di daerah Gebang kota Tegal (pas rel kereta api Tirus), dan aku juga merekomendasikan warung sate Pak Ratno yang terdapat di desa Balapulang kabupaten Tegal. Dagingnya yang empuk dan tidak membuat enek sangat cocok dimakan kapan saja. Kamu sekalian dijamin akan ketagihan!


3.       Kupat Blengong
From ditegal.com

Kuliner ini adalah makanan khas dari daerah kota Tegal, tepatnya desa Tegalsari. Blengong adalah hewan hasil persilangan antara bebek dan entok. Rasanya lebih enak dari bebek menurutku. 
Bagi yang belum pernah merasakan kelezatan daging blengong, sudah saatnya kamu sekalian bertobat. Loh?? Hehe.. Sudah saatnya kalian menjadikan kupat blengong sebagai kuliner wajib coba jika kamu mengunjungi Tegal. Dengan bumbu kuning dan dilengkapi dengan kupat (ketupat) menjadikan kuliner ini tidak hanya lezat tapi juga mengenyangkan.

4.       Kupat Margasari
Kuah merah dengan daging ayam

Saus kacang dengan tahu aci

Kalau kupat jenis ini adalah makanan khas dari desa Margasari kabupaten Tegal. Terdapat 3 jenis varian, ada kupat dengan bumbu kacang yang ditumbuk kasar dilengkapi dengan tahu aci, kupat dengan kuah merah dilengkapi daging ayam, dan kupat dengan kuah kuning dilengkapi daging kambing. 
Ketiganya super mantap, karena rasanya yang khas dan berbeda dari makanan kupat-kupat lainnya. Kamu bisa mendapatkan kuliner ini di pasar Margasari, ada banyak pedagang kupat Margasari yang mangkal disitu. 

5.       Kupat glabed Randugunting
From diahdidi.com

Randugunting adalah nama desa yang terdapat di kota Tegal, tepatnya di dekat rumah sakit Kardinah. Disitu kita bisa mendapatkan kuliner kupat dengan kuah kuning dan dilengkapi dengan sate kerang. 
Rasanya memang agak berbeda dengan kupat Margasari karena kuahnya terasa lebih soft, tetapi semua itu tidak mengurangi kelezatan dari jenis kupat ini. Jika kamu pergi ke  alun-alun kota Tegal, disitu akan berjejer pedagang yang menjual kupat glabed Randugunting. 

6.       Tahu Aci
From Instargam @kulinertegal 

Di Sumedang ada tahu Sumedang, di Tegal pun ada tahu khas Tegal yaitu tahu yang berasal dari kecamatan Adiwerna, tepatnya desa Banjaran. Jenis tahu ini berbeda karena lebih kenyal, dipadu dengan aci atau tepung tapioka kemudian digoreng, pas sekali dinikmati saat santai sebagai cemilan, apalagi memakannya sambil kumpul dengan teman di alun-alun Slawi, dijamin kamu tidak ingin pulang kerumah saking nikmatnya. Jangan lupa cabe rawit untuk menambah kelezatannya. 

7.       Teh Poci
From Instargam @kulinertegal 

Ini dia kebanggaan Tegal, minuman yang mengklaim dirinya Wasgitel (wangi sepet legi kentel) memang tidak ada duanya. Satu kotak kemasan Teh dimasukkan ke dalam poci tanah liat dan diseduh dengan air mendidih membuat seduhannya itu kentel. 
Cara meminumnya adalah : gula batu  diletakkan di cangkir tanah liat kemudian disiram dengan seduhan teh tadi, aduk sampai dirasa cukup manis kemudian disrupuuuutt… Ahhh.. Mantap! Hahaha… 
Lagi-lagi alun-alun Slawi adalah tempat yang cocok untuk menikmati minuman khas ini, ditemani dengan tahu aci akan menjadikan suasana malam tambah menyenangkan. 

8.       Ponggol setan
From Instargam @kulinertegal 

Ada yang tahu makna dari ponggol setan? Aneh sekali ya namanya? Ponggol setan adalah jenis kuliner rakyat kecil, ponggol itu sendiri adalah nasi bungkus dan kata setan diambil karena nasi bungkus ini akan dijual pada saat malam tiba. Kebanyakan setan kan keluar malam hari? Hehe… 
Nah, oleh karena itulah nasi bungkus ini dinamakan ponggol setan. Tetapi oleh sebagian orang, kata setan diartikan sebagai penanda rasa pedas dari lauk yang ada di ponggol itu. 
Ponggol ini hanya menggunakan sambal goreng tempe sebagai lauk utamanya, dan bisa dipadu dengan berbagai macam gorengan. Tetapi semua itu tidak menjadikan makanan ini terasa murahan, karena sedap yang dirasa akan membuat kita ingin makan lagi dan lagi. Jika kamu kelaparan di waktu malam, cari saja pedagang ponggol setan yang sekarang sudah terdapat dimana-mana. 

9.       Kupat Bongkok
From : ditegal.com

Di Tegal memang banyak terdapat makanan kupat, kupat bongkok ini berbeda karena tidak ada kemewahan yang akan kalian rasakan jika memakannya.  Kenapa? Karena hanya ada tempe bonto (tempe yang sudah agak basi) yang ditumbuk sebagai campuran kuahnya, tauge yang sudah disiram air panas, dan kerupuk mie yang diremuk, kalau perlu ditambah sambal. 
Apakah enak? Tentu saja… Jika dimasak dengan bumbu yang pas tentu akan enak, istilahnya bukan enak tetapi sedap. Kamu bisa mendapatkan kupat bongkok ini di Kota Tegal, aku sendiri pernah mencoba makan di daerah Langon, pas pertigaan yang mengarah ke Mejasem. 

10.   Martabak Telur
From Instagram @kulinertegal

Kenapa martabak telur masuk dalam daftar kuliner khas Tegal? Martabak telur kan ada dimana-mana? Kalian tahu tidak kalau Tegal adalah daerah asal mula martabak telur ada di Indonesia? 
Desa Lebaksiu  Kabupaten Tegal adalah daerah asal mula martabak telur, konon dulu terdapat pedagang dari Arab yang menjalin hubungan baik dengan orang Lebaksiu dan mengajarkan resep martabak khas Timur Tengah, mungkin karena disesuaikan dengan lidah orang Indonesia maka jadilah resep martabak telur seperti yang sekarang kita nikmati. 
Cobalah mampir ke Lebaksiu untuk merasakan martabak telur yang asli, karena yang asli pasti rasanya akan lebih mantap daripada yang lain.

11. Glotak
From Instargam @kulinertegal 

Glotak adalah makanan berbahan dasar oncom atau orang Tegal menyebutnya bongkrek, agak beda sih memang antara oncom dengan bongkrek. Dari segi tekstur dan rasa memang beda.
Bongkrek dimasak dengan bumbu khas dipadu dengan tulang ayam, banyak dijual di Pasar Pagi Tegal, tapi sekarang (tahun 2017) kalian bisa mendapatkan glotak via online.
Rasanya sedap, bisa buat lauk nasi atau digado dengan kerupuk mie berbumbu membuat makanan ini eksis walau banyak makanan lain yang lebih hits.

Itulah beberapa kuliner khas Tegal yang pastinya menggugah selera makan kamu semua, jika ada yang mau berbagi makanan dari daerah lain, silahkan tinggalkan komentar kalian. Tertarik untuk mencoba? 

Come on visit Tegal!! Tegal adalah kota yang ngangeni lan mbetahi dan memang laka-laka! 

Thank’s for reading




Sumber : murni otak saya.

2 comments:

  1. sayang g ada gambarnya sis, jadi g bisa bayangi rasanya. mampir di warung kita juga ya sablon gelas plastik di bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah diperbarui ya gan, sudah ada gambarnya hehe...

      Delete