Monday 28 August 2017

DIFERENSIASI USAHA RITEL

Sudah membaca artikel tentang kumpulan usaha ritel unik belum? Kalau belum selepas membaca postingan ini lanjut baca artikel tadi yah... hehe..

Masih ada kaitan dengan artikel usaha ritel unik, kali ini saya tuliskan beberapa bentuk diferensiasi usaha ritel yang bisa menjadikan usaha kalian berbeda dengan pesaing. 

Seperti sudah kita ketahui bersama, diferensiasi adalah usaha membuat perbedaan agar usaha kita mempunyai daya pembeda dengan pesaing. 

Kenapa harus berbeda? Karena agar usaha yang kita jalankan mempunyai ciri khas, orang akan mudah mengingat usaha kita dan tentunya keuntungan yang diharapkan akan bisa tercapai.

Berikut beberapa diferensiasi usaha ritel yang saya kutip dari buku Membuka Usaha Eceran/Ritel karya Rozaniwati, simak ya.


1. Lokasi 
Usaha membuat perbedaan yang pertama adalah dengan membedakan lokasi usaha kita. Pemilihan lokasi usaha menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan usaha ritel.

Perlu kita pikirkan hal-hal sebagai berikut jika ingin usaha kita berhasil.

Ketersediaan pasar 
Kepadatan penduduk
Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
Tingkat keramaian kendaraan yang lewat
Banyaknya usaha yang mendukung lokasi 
Dana yang kita miliki untuk menempati suatu lokasi
Tingkat kompetisi 
Akses jalan menuju lokasi usaha
Tingkat keamanan lokasi
Kebersihan lokasi
Legalitas kepemilikan lokasi

Tapi jika diantara kalian ada yang ingin membuka usaha yang mengusung konsep lokasi unik, beberapa contoh bisnis berikut bisa kalian jadikan referensi. 

Rumah makan di tengah sawah
Untuk menguatkan kesan alamI, banyak pebisnis yang membuka usaha rumah makan atau restoran di tengah sawah, dengan akses jalan yang mudah, pengunjung dapat merasakan suasana alam  yang menjadikan acara makan menjadi lebih berkesan. 


Credit on pic

Restoran di rooftop atau atap gedung
siapa yang bisa menolak  menikmati  dinner dengan view kerlap kerlip lampu kota? 
foody.id

Restoran apung
Menikmati sajian dari atas danau, waduk, atau laut memberi pengalaman kuliner baru yang pastinya unik. 
Jadi ingat jaman kuliah kalau ada yang ultah pasti saya dan teman kos makan-makan di Rowo Jombor Klaten, mau makan tuh harus naik getek dulu ke tengah danau, serruu... hii... halo adakah pembaca saya yang alumni AMP YKPN Yogyakarta? Sekarang jadi STIM YKPN Yogyakarta :D
mediakita45.blogspot.com

Hotel/resort di atas air laut
Kita bisa menikmati segarnya pemandangan laut langsung dari kamar tempat kita menginap, seperti yang terdapat di Cirebon Waterland. 
traveloka.com

Dan masih banyak lagi lokasi unik yang bisa kalian jadikan tempat berusaha.


2. Desain 
Menyenangkan sekali membicarakan tentang desain usaha ritel yang punya diferensiasi, karena sekarang usaha ritel banyak sekali yang desain tempatnya unik. Tahu sendiri kan sekarang apapun difoto? 

Naahh kalau kita datang ke tempat yang desainnya unik, pasti akan langsung kita unggah ke media sosial, ya kan?? 

Desain tersebut meliputi interior, eksterior toko, dan pengaturan produk yang dijual.

Semalam saya baru makan ketan susu di food truck yang dibuat dari truk besar dan tinggi, jadi saat saya makan disitu, orang yang lewat kebanyakan melirik ke arah saya halah... hahaa.. 

Kalian bisa contek ide usaha berikut :


credit to owner

brilio.net

Credit on pic



3. Produk 
Sekarang banyaaakkk sekali produk yang unik-unik dan beda dengan pesaing. Bakso saja sekarang bisa beranak kan? 


brilio

Lah saya kapan beranaknya? :p Semoga secepatnya aamiin...

Diferensiasi produk bisa kita lakukan dengan membuat perbedaan dari variasi produk, bentuk, rasa, kemasan, dan lain-lain.

Beberapa contoh produk berikut ini saya pikir unik.


credit on pic
Indomie.seleraku




4. Kebijakan pelayanan
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kebijakan pelayanan adalah :

Staff : jumlah personel yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana operasional organisasi
Gaya : bagaimana menghadapi pelanggan
Keterampilan : pengetahuan dan skill yang dimiliki personel toko

Selain kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan tiap personel, diperlukan pula kreativitas agar pelayanan yang diberikan berbeda dengan pesaing, seperti saat kita mendatangi toko baju, kita akan merasa nyaman jika begitu masuk sudah disapa dan ditanyakan apa yang kita cari, dilayani apapun keperluan kita daripada datang ke toko tapi dicuekin. Iya kan?

BACA JUGA : MENGGILA DI DEPAN SMANSAWI (SMAN 1 SLAWI)

Berikut ada beberapa pelayanan unik  yang pastinya ingin kalian coba hee..:

Village Hotel Katong Singapura pengalaman unik yang mereka sebut pengalaman far more untuk pelanggan, termasuk menemani tamu ke bank untuk menukar uang, mengantarkan sampai ke stasiun kereta dan membantu membelikan tiket kereta, mengantar tamu yang kurang sehat ke rumah sakit dan memastikan tamu tersebut dirawat selama masa pemulihan, serta membeli cupcakes dari toko favorit pelanggan jika hari tersebut adalah hari ulang tahun tamu.

Wow.. keren yah? Pantaslah kalau hotel tersebut dianugerahi penghargaan pada ajang TripAdvisor’s Travellers’ Choice Hotel Awards 2017 Singapore (marketplus.co.id)

Layanan kecil tapi berarti juga bisa diberikan dengan memberi kejutan ulang tahun saat kita makan di sebuah restoran, memberikan bonus free menu tertentu dan merayakan dengan para staff restoran memberikan pengalaman yang berkesan.


ImGrum


5. Diferensiasi personalia

Peritel bisa memperoleh keunggulan bersaing yang kuat dengan mempekerjakan dan melatih karyawan yang lebih baik daripada pesaing mereka.

Beberapa contoh foto di bawah ini memperlihatkan kemampuan karyawan unik yang bisa meningkatkan tingkat pelayanan suatu usaha.


credit to owner
Credit on pic



6. Diferensiasi saluran
Peritel dapat juga memperoleh keunggulan bersaing melalui cara mereka merancang saluran distribusi, terutama yang menyangkut jangkauan,, keahlian, dan kinerja saluran. 

Ada beberapa peritel yang membuat perbedaan dari segi saluran distribusi, misalkan dulu waktu keripik Maicih booming, mereka hanya membuka outlet di tempat tertentu dan tiap pelanggan hanya bisa membeli maksimal 2 bungkus keripik, hal tersebuut menjadikan produk Mai
Elevania
cih menjadi produk eksklusif karena perlu perjuangan untuk mendapatkannya.



Sebaliknya peritel yang ingin produknya dikenal luas oleh masyarakat, akan menyebarluaskan produknya ke tiap toko ritel terdekat dengan konsumen. 

 7. Diferensiasi Citra
Citra merupakan persepsi masyarakat terhadap perusahaan atau produknya. 

Citra dipengaruhi oleh banyak faktor di luar kontrol perusahaan sebab para pembeli mungkin memiliki tanggapan yang berbeda terhadap citra toko atau merek. 

Citra perusahaan dibentuk sedemikian rupa agar identitas sebuah perusahaan dapat melekat kuat di pikiran konsumen, misalkan citra produk Apple yang dapat menunjukkan prestise si pemakai menjadikan produk Apple seakan eksklusif. 

Perusahaan maskapai penerbangan Air Asia, sebagai maskapai baru pasti membutuhkan image yang baik sehingga dapat menarik konsumen atau penumpang agar mau menggunakan jasa penerbangan Air Asia. Citra Air Asia sekarang ini yang diusung adalah armadanya yang selalu baru dengan pilot yang sudah mempunyai jam terbang panjang. Dengan teks line ini maka dapat menarik konsumen dari kalangan yang berpengalaman atau menengah keatas, walaupun sebelumnya Air Asia selalu mengusung promo untuk menarik penumpang menengah kebawah.

Itulah beberapa diferensiasi usaha ritel yang bisa menambah wawasan kalian dalam berusaha, pastinya kalian sudah memiliki gambaran untuk membuat usaha yang lebih unik kan? Kalau iya semoga artikel ini bermanfaat. 

Thanks for reading


ps : foto-foto banyak yang susah dicantumkan, jadi hanya sedikit yang nampak, next bakal diperbarui, maap yee... Blogger amatir :D


Baca juga :
Mau Kemana Setelah Lulus SMK atau SMA?

Kumpulan Usaha Ritel Unik

Memanfaatkan Waktu Luang Menjadi Uang

DEKORASI RUMAH CANTIK ALA ARIANA OCTAVIA 

Kunjungan Industri SMK Pelita Jatibarang

No comments:

Post a Comment