Tuesday 30 October 2018

MENGGILA DI DEPAN SMANSAWI (SMAN 1 SLAWI) TEGAL


Haiiissh… ini postingan yang tertunda beberapa abad lamanya hehe…

Karena aslinya saya menggila itu sejak sebelum bulan puasa tahun 2018, saat itu saya sedang melaksanakan ritual upacara sakral yang bernama “munggahan” hahaha…

Kalian tahu apa itu “munggahan”?


Munggahan adalah tradisi masyarakat Islam suku Sunda untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan pada akhir bulan Syaban. Bentuk pelaksanaannya bervariasi, umumnya berkumpul bersama kerabat, makan bersama, saling bermaafan, dan berdoa bersama. Adapula yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, ziarah ke makam orang tua atau orang saleh, atau bersedekah.

Tujuannya adalah untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah, membersihkan diri dari hal buruk sebelum dan selama bulan Ramadhan. (Wikipedia)

Tapiii jangan bayangkan saya menjalani munggahan dengan nuansa adat kental ala Sunda, karena sekarang istilah munggahan sudah lebih dimengerti sebagai acara makan-makan sebelum puasa, sebelum kita tidak bisa bebas makan di bulan puasa, gitu deh singkatnya.

Naah… saya pilih lokasi munggahan saya di depan SMA saya sendiri yaitu SMAN 1 SLAWI kabupaten Tegal.

SMA yang sangat sangat sangat penuh kenangan, suka duka saya lalui, bahkan sampai sekarang kenangan masa SMA selalu melekat di ingatan saya.

Kenapa kok munggahan di depan SMA? Yaaa karena di depan SMANSAWI itu bisa dikatakan pusat kuliner di kota Slawi. Beragam makanan dan minuman ada disitu. Mau tahu apa saja? Yuk lanjut baca…
Pertama saya beli minuman di Green Tea Holic seharga Rp 10.000. Rasanya, enaakk, tapi dengan harga segitu jangan harap kalian akan merasakan nikmatnya DUM DUM ya hehe… lumayan lah rasanya.


Kemudian saya mencoba chicken popop rasa mix balado dan lada hitam. Rasanyaa enaakk… Harganya Rp 10.000 juga. Ayamnya garing diluar lembuut di dalam gitu deh, terus bumbu mix lada hitamnya tambah bikin enak.



Gak puas dengan chicken popop, di tempat itu juga jualan pisang nugget, jadi sayapun pesan pisang nugget dengan rasa mix strawberry dan coklat. Harganya Rp 15.000 untuk 5 potong pisang.


Rasanyaa pasti enak lah yaa… Pisang nugget tidak pernah salah kalo kata saya sih hehe…

Makan sembari memperhatikan lalu lalang orang-orang termasuk siswa siswi SMANSAWI membuat saya membayangkan waktu saya masih SMA. Aah… saya mah bukan siapa-siapa waktu SMA, coba tanya kenal Tyas tidak, pasti tidak hahaa…

Duluuu… di jalan depan SMANSAWI ini cuma ada warung bu Beki dan penjual gulas (gula asam). Anak-anak yang nongkrong di warung bu Beki itu boleh dibilang anak-anak yang sok hits gitu deh wkkk…. (canda ya man teman hee..)
Sekarang?? Mau nyari makanan apa aja ada disitu.

Lanjuutt menu lain karena duit masih ada :p dan perut masih menyisakan ruang kosong sayapun beli Mr.Cuki atau cumi krispi, saya pilih yang original dengan harga Rp 6.000. 


Jangan banyangkan kalian akan makan cumi besar nan banyak yah karena 1 porsinya cuma sak encret, sekali suap langsung abeess haaa… Gak deng, lumayan lah, sesuai dengan harga.

Kurang kenyang lagi, saya beli sostel (sosis telur) seharga Rp 7.000 dan rasanya…. Yaaa kayak sosis hii… Tidak istimewa, biasa saja.

Perut lumayan kenyang untuk saat itu, tapi nafsu masih menggebu wkkk… jadi saya berjalan ke penjual olos, tapi ternyata antrian pembeli olos sudah mirip kayak antri sembako jadi saya ngalah gak jadi beli hiks…

Berlanjut ke penjual lain yaitu penjual otak-otak, antrinya agak mirip antrian olos sih tapi tetap saya beli karena memang kepengen banget makan otak-otak depan SMA. 

Rasanya enak dan bikin nagih, sambalnya pas pokoknya saya suka, laris banget juga jualannya, keren.

Oya kalau kalian ingin mencoba bermacam makanan dan minuman disitu, saya kasih daftarnya nih :
  • ·         Chicken popop
  • ·         Pisang nugget
  • ·         Kebab pisang
  • ·         Greentea holic
  • ·         Mr. cuki cumi krispi
  • ·         Sosis telur
  • ·         Mie Aceh
  • ·         Mie ayam
  • ·         Eskrim batok
  • ·         Seblak
  • ·         Jamur, kentang, tela krispi
  • ·         Olos
  • ·         Otak-otak
  • ·         Es kepal
  • ·         Batagor
  • ·         Cimol legendaris hehe…
  • ·         Gulas (gula asam) ini juga legend hii
  • ·         Teh 2 Tang
  • ·         Es pisang ijo
  • ·         Cappucino cincau
  • ·         Jus buah
  • ·         Sosis bakar
  • ·         Sate seafood
  • ·         Macaroni telur
  • ·         Milk-milk an gitu deh, lupa namanya
  • ·         Fried chicken (terkenal enak)
  • ·         Dll masih ada lagi kayaknya tapi lupaa


Banyaaaak kaaan?? Saya jadi sedih deh karena waktu saya SMA, saya cuma jajan batagor sama pempek saja di dekat gerbang huhuuu….

Anak jaman sekarang jajanannya banyak banget yaah tapi itu juga yang bikin penyakit makin merajalela kalau tidak bisa dikontrol jajannya. So, tetap jaga kesehatan dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang ya, jangan kebanyakan jajan yang gak sehat.

Dan mengakhiri acara munggahan saya hari itu, saya makan mie ayam di mie ayam Tunggal Rasa yang berlokasi di depan Polres Slawi. Walhasil, mie ayamnya gak habis saya makan karena perut saya tidak selebar Ria SW hii…

Itulah sekelumit (halah) cerita ringan saya dalam berburu jajanan, buat kalian pembacaku tercinta, jika ada yang kebetulan 1 SMA dengan saya, salam hangat dari saya yah, mohon dukungannya dengan cara baca postingan lain, like, dan share di sosmed kalian hahaa…. Terima kasih…

CR TO OWNER


BACA JUGA :


No comments:

Post a Comment