Thursday 22 June 2017

PESONA WISATA BALAPULANG, LEBAKSIU, DAN MARGASARI TEGAL

Tags : wisata Tegal, wisata Balapulang, wisata Lebaksiu, wisata Margasari, Goa Lawa, Pengancikan, Danau Beko, Kaligung, Bukit Sitanjung, River Tubing Yamansari, travelling, traveller, my trip my adventure, wisata alam, wisata alam Tegal

Musim mudik telah tiba, sebentar lagi Lebaran. Hayoo siapa yang seneng? Siapa yang sedih?

Pastinya ada perasaan sedih dan senang kan?

Mari sama-sama berdoa agar kita dapat dipertemukan dengan Ramadhan tahun-tahun berikutnya, aamiin...

Menemani waktu sibuk kalian dalam mempersiapkan lebaran, saya akan memberikan beberapa referensi tempat-tempat asik nan keren yang mungkin belum banyak orang tahu.

Tempat-tempat tersebut berlokasi di kecamatan Balapulang dan sekitarnya.

Kecamatan Balapulang adalah sebuah kecamatan di kabupaten Tegal Jawa Tengah yang terdiri dari 20 desa. Terletak ± 13 km sebelah selatan Slawi, jika kalian tahu Guci kalian akan melewati desa-desa di kecamatan Balapulang.

Apasih yang menjadikan Balapulang istimewa? Jangan salah... di jaman musim traveller-traveller seperti sekarang, banyak tempat yang bisa dijadikan ajang menyalurkan hobi travelling kalian, dan pastinya setiap tempatnya memiliki pesona tersendiri.

Yuk langsung disimak dimana saja kita bisa meng-eksplor Balapulang dan sekitarnya.

1. Hutan Jati Balapulang

Hutan jati ini dekat sekali dengan rumah saya, tinggal jalan kaki 5 menit sudah sampai. Kalian akan menemui hutan ini jika kalian melakukan perjalanan ke Purwokerto via Tegal.

Jika kalian masuk ke desa Balapulang Kulon, cobalah menuju ke dusun Mangir, letaknya di seberang kantor Perhutani terus saja ke arah barat, kalian akan menemui jalan kereta yang membelah hutan dan tempat itu adalah spot favorit orang-orang dalam berfoto.

Sudah banyak pasangan yang melakukan sesi foto prewedding di hutan ini.

Lihatlah foto-foto di bawah ini :



Follow IG mereka, foto-fotonya super kerren!

Cr to owner, super talented photographer Koko, orang Balapulang juga dia hee..


 
Follow IG saya haha...




Indah bukan?

2.  Goa Lawa, Batuagung
Tempat ini sudah sering sekali di repost oleh akun-akun maupun situs travelling karena tempatnya memang sangat indah, menantang adrenalin, dan unik.

Batu besar yang terdapat disitu menjadi tempat untuk mendaki, setelah sampai di puncak kalian bisa menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan.

Kalian harus sangat berhati-hati jika ingin mendaki batu besar tersebut. Setahuku para traveller hanya perlu membayar parkir saja kalau ingin memasuki tempat ini.

Rute yang bisa kalian tempuh jika ingin menuju tempat indah ini adalah dari arah Tegal kalian pilih jalur ke Purwokerto, melewati Slawi, Lebaksiu, hutan Balapulang, dan ada pertigaan di desa Banjaranyar kalian belok kiri, terus saja ke arah timur kira-kira 500 meter belok kanan memasuki desa Batuagung ada petunjuk jalan menuju Goa Lawa, selanjutnya tinggal bertanya kepada masyarakat sekitar.








3.  Pengancikan, Pagerwangi
Ada 1 lagi tempat dimana batu-batuan menjadi tempat asik penuh pesona, tempat ini disebut Pengancikan atau Batu Ancik, terletak di desa Pagerwangi.

Lokasinya lebih mudah dijangkau dengan rute sama dengan Goa Lawa Batuagung tapi kalian tidak perlu belok kanan, lurus saja nanti belok kiri.

Kalau bingung tinggal bertanya kepada masyarakat.

Saya sendiri sudah pernah kesana, perjalanan naik ke batu ancik tersebut lumayan menguras energi karena saya tidak pernah olahraga dan tidak pernah berjalan jauh hehe...

Berikut foto-foto yang saya dapatkan sewaktu kesana dengan teman-teman saya. Saya sempat memenangkan kontes foto dengan tema kemerdekaan waktu foto ditempat ini haha...





4.  Sungai Gung, Danawarih
Sungai atau lebih dikenal kali dalam bahasa Jawa memang memiliki pesona tersendiri, gegericik air mengalir, jernih airnya, batu-batu kali yang nampak berserakan, siapa yang bisa menolak keindahan tersebut?

Di desa Danawarih ini terdapat jembatan gantung yang sangat hits di kalangan traveller Tegal, ikon wisata ini menjadi tempat berfoto favorit.

Ditempat ini juga banyak ditemui para pemancing yang menikmati waktunya dalam kesabaran, ceileeh.. :p

Rutenya adalah dari Tegal, Slawi, masuk di pertigaan Yomani (arah ke Guci) belok kiri dan bertanyalah kepada penduduk sekitar (andalan banget kalimat ini haha..). Malu bertanya sesat di jalan lah pokoknya hii...

Berikut foto-fotonya.





5. Danau Beko, kecamatan Margasari
Kali ini kita bergeser sedikit ke arah selatan kecamatan Balapulang. Setelah melewati 3 hutan kalian akan menemui kecamatan Margasari, disitu ada tempat hits yang terkenal dengan nama danau Beko.

Sebenarnya tempat ini adalah lokasi penambangan batu kapur, oleh karena meninggalkan lubang-lubang besar yang menganga makanya air memenuhi lubang tersebut dan terbentuklah danau-danau buatan.

Tempat ini indaaahh saudara! Tapi juga sangat panas! Kalian harus membawa payung atau memakai topi.

Kalian hanya perlu membayar parkir jika ingin mengunjunginya.

Rute yang bisa kalian tempuh adalah setelah hutan Balapulang, kalian ikuti saja jalan raya, masuk pasar Margasari  ada perempatan kalian belok kanan. Jalan terusss tinggal bertanya kepada penduduk sekitar dimana danau Beko itu.



Follow IG sayaaa, haruss! haha..


6. Bukit Sitanjung, Lebaksiu
Dekat dengan river tubing Yamansari, ada sebuah bukit yang sangat terkenal yaitu bukit Sitanjung.

Bukit Sitanjung atau penduduk sekitar sering menyebutnya Gunung Tanjung, terletak di kawasan Kecamatan Lebaksiu, timur Patung GBN Lebaksiu Lor. Apa aja yang bisa kita temui di Bukit Sitanjung?

Di sana kita bisa melihat hamparan Sungai Gung yang berhulu di Gunung Slamet. Alirannya deras, terlebih jika musim hujan. Bebatuannya pun besar-besar, sehingga biasanya menjadi lokasi berfoto. Keindahan batu besar di Bukit Sitanjung, tidak kalah apik sama batu granit yang ada di Pulau Belitung. (wisatategal.com)

Saya pernah kesana, naik sampai puncak dan menikmati keindahan dari atas bukit. Waktu itu juga saya sempat melihat ada beberapa monyet liar yang bergelantungan.




Itulah beberapa tempat wisata asik, menyenangkan, dan dekat dengan alam di 3 kecamatan berdekatan yaitu Balapulang, Lebaksiu, dan Margasari.

Tentunya biaya yang diperlukan masih tergolong murah karena memang tidak ada tiket masuk.

Ayolah main-main kesini, tempat kelahiranku, kampung halamanku, sekalian kita meet up kalau pas saya sedang mudik halah...

Tetap jaga kebersihan tempat wisata, bawa pulang kembali plastik, botol, bungkus, dan apapun yang kalian bawa kesana.

Keep healthy, keep travelling.


Thanks for reading, baca postingan lainnya yaa...



Related post
* BONUS FEATURE SOLO TRAVELLING MALANG 
* Wisata Kuliner Tegal

No comments:

Post a Comment