Saturday 24 March 2018

10 Cara Mengusir Bosan Saat Naik Kereta Api

10 Cara Mengusir Bosan Saat Naik Kereta Api

Youtube

Naik kereta api tut tut tut… Wuhuu… kereta api adalah moda transportasi favorit saya, hampir setiap 2 minggu sekali saya naik kereta antar provinsi.

Kebetulan perjalanan saya tidak memakan waktu lama karena hanya 2 jam perjalanan jadi selama di dalam kereta, pastinya saya tidak akan merasakan kebosanan yang amatt sangat.

Tapi… Bagaimana jika kita harus naik kereta dengan perjalanan yang amat panjang? 

Misalkan naik kereta dari Jakarta menuju Surabaya, atau dari Jakarta menuju Malang?

Pastinya waktu puluhan jam yang kita lewati akan menimbulkan kebosanan, ya kan?

Naah.. kali ini saya akan coba untuk memberikan alternative kegiatan pengusir bosan selama naik kereta, sebagian besar adalah pengalaman saya sendiri. Hii..

Simak yaa…


1. Mendengarkan musik

Sepertinya hal ini adalah hal wajib dan hal yang paling banyak dilakukan oleh kereta apiers deh, jangan lupa untuk membawa headset agar musik yang kalian dengarkan tidak akan menganggu penumpang lain.

Karena saya sering sekali naik kereta, masih ada juga loh penumpang yang menyetel musik tanpa memakai headset…

2. Membaca buku

Membaca buku atau novel menurut saya ampuh sekali menghilangkan kebosanan. Asal mata tidak lelah, kita akan larut dalam cerita yang kita baca, kita akan bisa berkonsentrasi dengan buku yang kita baca karena kebanyakan penumpang lain tidak akan mengajak kita untuk ngobrol jika kita asik membaca buku.

Membaca buku/novel tidak harus dengan kita membawa buku, download saja beberapa e-book untuk teman perjalanan kamu.

3. Menonton film/drama

Ini juga ampuuh tapi lumayan membuat HP kita menjadi cepat habis baterainya, tapi tidak masalah juga sih karena di setiap kursi terdapat colokan untuk mengisi daya HP kita.

Tinggal gantian saja dengan penumpang di samping kita.

Jadi sebelum kita melakukan perjalanan panjang, simpanlah beberapa film/drama dalam ponsel untuk ditonton selama perjalanan.

4. Bermain game

Buat kamu-kamu yang freak akan game, agaknya perjalanan panjang juga tidak akan menjadi masalah jika kalian sudah tenggelam dalam game favorit kalian.

Yang menjadi masalah adalah jika kamu pergi dengan orang lain yang tidak begitu suka game, pastinya dia atau mereka akan merasa dicuekin. Apalagi jika bepergian dengan pasangan, bisa-bisa si dia bakalan cembetut sepanjang perjalanan hehe…

5. Makan dan makaaann

Pengusir kebosanan lain adalah dengan menghabiskan bekal yang kita bawa, jangan lupa tawarin orang-orang di sekitar kamu ya hehe… Biasanya sih mereka tidak akan mau makan karena sungkan, tapi kalaupun mau ya gapapa lah yaa… Sedekah. Hii…

Kalau pengalaman saya sih, bekal yang saya bawa selama perjalanan naik kereta itu akan selalu kembali kerumah saya alias tidak saya makan hehe.. Karena saya tidak suka ngemil.

6. Mengobrol dengan penumpang lain

Nah… Saat kamu menawarkan makanan kamu, otomatis akan terjadi percakapan kan? 

Manfaatkan waktu itu untuk mengobrol dengan penumpang di sekitar kamu. Terutama jika kamu melakukan perjalanan sendiri.
7. Jalan-jalan

Bosan duduk terus? Cobalah kalian berjalan-jalan di sepanjang kereta api, pura-pura mau menuju kemana gitu, toh orang lain juga tidak akan ada yang tahu kita mau apa dan mau kemana hehe…

Selain untuk melemaskan otot-otot tubuh kita, berjalan-jalan juga bisa membuat kita melihat pemandangan lain yang ada dalam kereta.

Misal nih yaa… ada beberapa kelas dalam kereta kalian, cobalah mengintip kelas lain. Kalau kalian naik kelas ekonomi, cobalah jalan-jalan ke gerbong eksekutif, begitu juga sebaliknya. Seru kan?

8. Makan dan main-main di restorasi
Ngopi, ngeteh, makan mie, makan nasi, bakso, dll, sekarang banyak sekali variasi makanan yang ditawarkan oleh kereta api.

Asal kalian membeli minimal salah satu produk di dalam restorasi, kamu bisa duduk-duduk disitu, selfie-selfie, atau ngobrol dengan teman seperjalanan.

Kalau saya sih pernah memanfaatkan restorasi untuk tidur (dalam posisi tidur) hehe.. Selama petugas tidak mengusir kamu, tidur saja karena pada jam-jam tertentu biasanya restorasi akan sepi pengunjung.

9. Melihat pemandangan di ujung gerbong

Jika kebetulan kereta yang kamu naiki memiliki gerbong akhir yang berupa gerbong penumpang, pastinya ada gerbong terakhir dimana kamu bisa melihat pemandangan di belakang kereta kan?

Cobalah main-main kesana, pasti pemandangan yang kalian lihat akan berbeda dibandingkan pemandangan dari jendela di samping kursi bukan?

Tempat itu juga cocok untuk kamu jadikan tempat berfoto. Tapi tetap hati-hati yaa..

10. Tiduuurrrr

Cara mengusir kebosanan yang paling mudah adalah tiduurr. Sewalah bantal agar posisi tidur kalian bisa lebih nyaman.

Misalkan kalian kesulitan untuk tidur, tidak ada salahnya kalian minum obat anti mabuk perjalanan, obat itu mirip obat tidur yang menjadikan kalian tidak akan kesulitan untuk tidur.



B O N U S :
Naah… Kalau cara terakhir yang saya masukkan sebagai bonus adalah cara yang agaknya tidak semua orang bisa melakukannya tapi bisa saya lakukan hii.. Apa itu??

Jawabannya adalah karaoke memakai organ tunggal!!

 Kok bisa?

Kebetulan saya pernah membawa rombongan wisata menggunakan kereta api dari Tegal – Malang dan saat itu perusahaan kami membawa organ tunggal, player-nya, dan sekalian penyanyinya.

Kami berkaraoke dan menikmati penampilan penyanyi selama beberapa jam, memilih gerbong terakhir sebagai gerbong rombongan jadi tidak mengganggu jalan keluar masuk penumpang lain.

Pokoknya saat itu menyenangkan sekaliii!! Bahkan penumpang lain yang bukan rombongan kami juga ikutan berkaraoke, beberapa juga asik bergoyang mengikuti irama musik.

Kalian juga bisa melakukannya kok, tentunya dengan syarat dan ketentuan ya hiii…

Itulah 10 cara plus bonus 1 cara untuk mengatasi bosan selama naik kereta api. 

Belum pernah naik kereta api? Cobalahh… Karena menurut saya naik kereta api itu menyenangkan, aman, teratur, tertib, murah, dan banyak fasilitas yang bisa di dapat selama perjalanan.

Selamat berkereta api ria ya kawan…



Sssttt… tulisan ini terinspirasi karena sebentar lagi saya akan melakukan perjalanan panjang juga menujuuu ujung pulau Jawa :D


Baca juga :


No comments:

Post a Comment