Thursday 10 May 2018

BONUS FEATURE SOLO TRAVELING MALANG

BONUS FEATURE SOLO TRAVELING MALANG

Bonusnya kok lama banget gak keluar-keluar hehe… Padahal sudah ditunggu-tunggu tante saya.

Ini loh tante, silahkan disimak :D

Di postingan kali ini akan saya ulas hal-hal yang berkaitan dengan perjalanan solo saya ke Malang kemarin itu.

Yuk mulai…

Saya menggunakan transportasi kereta api ekonomi Matarmaja untuk ke Malang, kereta menjadi moda transportasi paling sip karena murah dan nyaman.


Tiketnya adalah sebesar Rp 109.000, bolak balik jadi Rp 218.000.

Saya pesan tiket 1 bulan sebelum keberangkatan dengan mengecek ketersediaan kursi lewat aplikasi Bukalapak, menurut saya aplikasi itu sangat mudah digunakan, pun saat saya pesan tiket dan untuk pembayarannya saya pilih Alfamart. Jaman sekarang tidak ada yang susaaah…

Kemudian untuk hotel tempat saya menginap, effortnya lumayan nih, karena harus pandai-pandai mencari mana yang murah, nyaman, dengan lokasi yang oke.

Akhirnya setelah browsing lamaa, berhari-hari, saya pilih hotel Tosari last minute pas besoknya mau berangkat.

Hotel Tosari terletak di Jl. Ahmad Dahlan, Klojen kota Malang. Lokasinya strategis banget, dan harganya adalah yang paling murah dari semua kriteria hotel yang saya mau.


Banyak penginapan yang menawarkan harga murah, yang Rp 60.000 semalam pun ada, tapiii kalian harus berbagi kamar dan kamar mandi dengan pengunjung lain karena itu adalah penginapan backpacker.

Ternyata hotel di Malang lebih mahal daripada hotel-hotel di Yogyakarta, di Jogja saya pernah nginep di penginapan yang semalamnya Rp 60.000 tapi dengan fasilitas kamar pribadi, kamar mandi dalam, TV, kipas angin, dispenser bersama, dan dapur bersama. Dimana ituu? Kalian browsing saja Pondok 71 Jogja. Hehe…

Saya pesan hotel lewat online, saya pakai Trivago dan Trivago mengarahkan saya ke situs Agoda, memang terbukti Agoda paling murah, bedanya bisa 50 rb sendiri dengan Pegi-Pegi.

Tidak ada yang susah saat pesan hotel, gampang bangettt… kemudian saya membayar lewat transfer ATM. Kalian juga bisa membayar dengan cara lain seperti lewat Indomaret.

1 malam hotel Tosari dengan kamar yang saya mau adalah Rp 130.000 an ribu, ditambah pajak, dll total saya membayar Rp 799.000 yaa Rp 800.000 lah yaa untuk 5 malam.

Hotelnya bersih, rapi, tapi sudah saya sebut di atas kalau hotel di Malang lebih mahal karena dengan membayar uang segitu, saya hanya mendapatkan fasilitas 2 single bed, meja rias, meja nakas, kamar mandi dalam, tanpa TV tanpa kipas angin.

Jika kalian menginginkan jenis kamar lain yang lebih lengkap fasilitasnya pun ada. 

Ada fasilitas WIFI tapi tidak gratis dan menurut saya mahal hehe…

Jika kalian mau makan atau minum, mereka juga menyediakan makanan  meskipun ndadak membeli di warung sekitar hotel, tapi kalau minum ya mereka buat sendiri. Misal mau minta air panas pun bisa, gratis.

Ada juga fasilitas laundry, lumayan lah gak mahal, 1 baju/celana Rp 3.000.

Kemudian untuk transportasi selama di Malang, saya hanya mengandalkan Gojek dan kaki saya.

Total biaya untuk Gojek sekitar Rp 100.000 an lebih dengan Gopay.

Naah.. Untuk masalah makan, saya kadang meminta pegawai di hotel untuk membelikan sarapan, tapi emang lumayan mahal sih, 1 kali sarapan saya bayar sampai belasan ribu (biasa makan nasi lengko 3 rebu hahaa..)

Jika mencari rumah makan di sekitar hotel kalian bisa jalan kaki sebentar dan kalian akan menemukan warung, rumah makan, resto, café di sepanjang jalan Ahmad Dahlan sampai Alun-Alun Kota.

Untuk masalah tiket tempat wisata sudah dibahas di postingan sebelumnya yaa…

Terakhir saya beli oleh-oleh di pusat oleh-oleh daerah Sanan, disitu harganya lebih murah dari pusat oleh-oleh yang ada di Batu menurut saya.

Sepertinya sudah semua saya jelaskan yah… hii…

Total biaya untuk travelling saya adalah sekitar Rp 1.500.000 an untuk 6 hari di Malang, itu sudah sangat ngirit karena saya tidak suka makan, tidak suka shopping, tidak suka jajan.

Percaya tidak, snack yang saya bawa dari rumah untuk bekal, kembali lagi kerumah saya karena tidak habis saya makan haha…

Udah dehh…

Kalau ada yang mau ditanyakan, tinggalkan komentar saja yaah…

Thanks for reading, love you all!

Oya, call me TYAS ya jangan mbak ATI, jangan MIN, atau mbak ATIN, duuhh… :D

Panduan solo traveling, panduan backpackeran di Malang, cara backpackeran di Malang, Hotel murah Malang


BACA JUGA :


2 comments:

  1. Oh udah ketemu disini Hotel nya hahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... Iya disitu mas tapi kurang nyaman sih misal nyarinya kenyamanan.

      Delete