Friday 20 April 2012

Memanfaatkan Waktu Luang Menjadi Uang

Memanfaatkan waktu luang menjadi uang.

Diantara kita, tentunya banyak yang mempunyai waktu luang. Ada beberapa yang memanfaatkannya dengan melakukan hobi mereka, bergaul dengan teman, dan lain sebagainya. Tulisanku kali ini akan membahas bagaimana caranya memanfaatkan waktu luang menjadi uang. 

Waktu luang yang kita miliki tentunya tidak ingin kita lalui begitu saja, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu dan hal itu bisa mendatangkan rupiah. 

Berikut akan saya utarakan beberapa macam kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendatangkan rupiah tanpa perlu kita merasa terlalu repot. Cekidot!

Menerima ajakan teman untuk menjualkan dagangannya

Beberapa kali temanku menghubungiku agar aku ikut menjualkan barang dagangannya, aku tidak perlu repot-repot bekerja keras agar dagangan tersebut laku karena tidak akan ada ruginya. 
Menjualkan kembali seperti itu sangat menguntungkan bagi orang yang mempunya bakat dagang. Kita tidak usah memikirkan modal uang, cukup modal berani menawarkan dan merayu saja. Titik. 


Mengubah hobi

Mengubah hobi menjadi sesuatu yang menghasilkan uang banyak dilakukan oleh pengusaha. Banyak kesuksesan yang mereka raih yang awalnya hanya karena hobi.

Hobi memelihara kucing misalnya, dengan memelihara kucing kita bisa mempunyai usaha penjualan kucing. Beli kucing indukan yang layak jual seperti jenis Persia atau angora, kemudian dikawinkan dan anak-anak yang lahir bisa kita jual. 

Atau yang hobi memasak, bisa saja bereksperimen membuat masakan yang bisa dijual. Yang hobi menulis, hobi menggambar, membuat kerajinan tangan, dan lain-lain juga bisa menjadikan hobi tersebut menjadi ladang uang.

Berbagi ilmu

Jika kita mempunyai kemampuan yang lebih dari orang lain, kita bisa menawarkan jasa les privat. Sering-seringlah bergaul dengan ibu-ibu yang mempunyai anak usia sekolah, jasa les privat zaman sekarang seperti sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang.

Iseng-iseng berhadiah

Menjadi distributor dari brand ternama bisa mendatangkan uang juga. Kita bisa membawa katalog saat kita kumpul dengan teman-teman. 
Tawarkan dengan halus kepada mereka, biasanya mereka sudah mengerti kualitas dari barang kita sehingga kita tidak perlu berpromosi berlebihan. 

Mengemas kembali

Banyak makanan kecil yang dijual di warung-warung atau kantin sekolah berupa bungkusan-bungkusan kecil yang dikemas secara sederhana. 
Kita bisa membeli makanan kecil atau cemilan kering dalam jumlah banyak kemudian dikemas lagi dalam ukuran yang lebih kecil. 
Penjualan eceran tentunya akan mendapatkan untung yang lebih besar daripada penjualan secara grosir. 

Daripada nganggur tidak karuan mending membeli pilus, macaroni, keripik singkong, kerupuk kulit ikan, atau cemilan kering lainnya dalam kemasan kiloan kemudian dikemas lagi dalam plastic kecil dan dijual Rp 500-an. 

Kembangkan kreativitas

Membaca buku panduan membuat prakarya agaknya bisa mendatangkan uang jika kita mau mempraktekkannya dan menjual hasil karya kita.  Sekarang banyak sekali kerajinan tangan yang bisa dibuat dari berbagai macam bahan. 

Eksploitasi saja hobi perempuan yang suka pernak-pernik. Mereka pasti akan sangat menyukai sesuatu yang berbau accesoris. Belajar tekun dan tepat memilih jenis kerajinan akan memudahkan kita mendapatkan konsumen.


Masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk mengubah waktu luang menjadi uang, beberapa tips diatas hanya sebagai bahan pertimbangan untuk kalian semua. 

Hal yang paling penting adalah, kita harus mempunyai keinginan kuat untuk menambah penghasilan dengan memanfaatkan waktu luang, hindari sifat malas dan gengsi. 

Malas dan gengsi hanya akan menjadikan kita orang miskin yang berlagak seperti orang kaya. Remember that! Berpikirlah secara ekonomis, dengan begitu kita pasti akan selalu menemukan peluang bisnis di sekitar kita. Semangat!

Be a creative person! :)



Sumber : murni otakku dong…


Baca juga :
Mau Kemana Setelah Lulus SMK atau SMA?

9 comments:

  1. mantaaaaaaffff
    siip lah, ayo kita basmi malas dan gengsi
    mau atuh bisnis hahaaaa

    ReplyDelete
  2. barangkali kita bisa berbisnis. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisnis ucing mbaa?? heheheee...
      geligeli

      Delete
    2. jangan pake anonim donk.. biar eksis gitu...

      Delete
  3. mbak, blognya bagus.. aku suka deh. :)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih... sering2 baca yah.. :)

    ReplyDelete
  5. sip.. emang harus kya gitu, manfaatkan waktu sebaik"nya.
    kunjungi blog saya juga mba di co2nutwhite.blogspot.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dan sekarang saya punya program yg lebih dahsyat daripada mengemas kembali jajanan kering. hehe
      Oke tar mampir ke blog mas. :)
      thx ya

      Delete
  6. keren makasih jadi nambah ilmu nih

    ReplyDelete